Teh Hitam – Interaksi dengan Obat

DokterSehat.Com– Berikut adalah beberapa interaksi teh hitam dengan obat.

doktersehat-teh-celup-untuk-mata-lelah

Adenosin (Adenocard)
Interaksi: sedang.  Berhati-hatilah dengan kombinasi ini.

Bicarakan dengan dokter.

Teh hitam mengandung kafein. Kafein dalam teh hitam mungkin memblokir efek adenosin (Adenocard). Adenosin (Adenocard) sering digunakan oleh dokter untuk melakukan tes pada jantung. Tes ini disebut tes stres jantung. Berhenti minum teh hitam atau produk yang mengandung kafein lain setidaknya 24 jam sebelum tes stres jantung.

Antibiotik (antibiotik kuinolon)
Interaksi: sedang. Berhati-hatilah dengan kombinasi ini.

Bicarakan dengan dokter.

Tubuh memecah kafein untuk menyingkirkan kafein dari dalam tubuh. Beberapa antibiotik dapat menurunkan kecepatan tubuh dalam merusak kafein. Konsumsi antibiotik bersama dengan teh hitam dapat meningkatkan risiko efek samping termasuk sakit kepala, peningkatan denyut jantung, dan efek samping lainnya.

Beberapa antibiotik menurunkan seberapa cepat tubuh merusak kafein termasuk ciprofloxacin (Cipro), enoxacin (Penetrex), norfloksasin (Chibroxin, Noroxin), Sparfloxacin (Zagam), trovafloxacin (Trovan), dan grepafloxacin (Raxar).

Benzodiazepin
Interaksi: sedang. Berhati-hatilah dengan kombinasi ini.

Bicarakan dengan dokter.

Benzodiazepin adalah obat yang memiliki efek menenangkan. Teh hitam mengandung kafein. Kafein adalah stimulan. Konsumsi teh hitam bersama dengan benzodiazepin dapat memblokir efek menenangkan dari benzodiazepin. Beberapa obat jenis benzodiazepin meliputi alprazolam (Xanax), clonazepam (Klonopin), diazepam (Valium), lorazepam (Ativan), dan lain-lain.

Carbamazepine (Tegretol)
Interaksi: sedang. Berhati-hatilah dengan kombinasi ini.

Bicarakan dengan dokter.

Carbamazepine adalah obat yang digunakan untuk mengobati kejang. Kafein dalam teh hitam dapat mengurangi efek carbamazepine. Konsumsi teh hitam dengan carbamazepine dapat menurunkan efek carbamazepine dan meningkatkan resiko kejang pada beberapa orang.

Cimetidine (Tagamet)
Interaksi: sedang. Berhati-hatilah dengan kombinasi ini.

Bicarakan dengan dokter.

Teh hitam mengandung kafein. Tubuh rusak kafein untuk menyingkirkan itu. Cimetidine (Tagamet) dapat menurunkan seberapa cepat tubuh Anda rusak kafein. Mengambil simetidin (Tagamet) bersama dengan teh hitam dapat meningkatkan kemungkinan efek samping kafein termasuk jitteriness, sakit kepala, detak jantung cepat, dan lain-lain.

Clozapine (Clozaril)
Interaksi: Moderate. Berhati-hatilah dengan kombinasi ini.

Bicarakan dengan dokter.

Tubuh memecah clozapine (Clozaril) untuk membuangnya. Kafein dalam teh hitam tampaknya menurunkan kecepatan tubuh dalam memecah clozapine (Clozaril). Mengkonsumsi teh hitam bersama dengan clozapine (Clozaril) dapat meningkatkan efek obat dan efek samping dari clozapine (Clozaril).

Dipyridamole (Persantine)
Interaksi: Moderate. Berhati-hatilah dengan kombinasi ini.

Bicarakan dengan dokter.

Teh hitam mengandung kafein. Kafein dalam teh hitam dapat mempengaruhi dipyridamole (Persantine). Dipyridamole (Persantine) sering digunakan oleh dokter untuk melakukan tes pada jantung. Tes ini disebut tes stres jantung. Berhenti minum teh hitam atau produk yang mengandung kafein lain setidaknya 24 jam sebelum tes stres jantung.

Disulfiram (Antabuse)
Interaksi: Moderate. Berhati-hatilah dengan kombinasi ini.

Bicarakan dengan dokter.

Tubuh memecah kafein untuk menyingkirkan dari tubuh. Disulfiram (Antabuse) dapat menurunkan kecepatan tubuh dalam menghilangkan kafein. Mengkonsumsi teh hitam (yang mengandung kafein) bersama dengan disulfiram (Antabuse) dapat meningkatkan efek kafein dan efek samping kafein termasuk hiperaktif, mudah marah, dan lain-lain.

Efedrin
Interaksi: Moderate Berhati-hatilah dengan kombinasi ini.

Bicarakan dengan dokter.

Obat stimulan mempercepat sistem saraf. Teh hitam mengandung kafein. Kafein dan efedrin merupakan obat stimulan. Mengkonsumsi teh hitam bersama dengan efedrin dapat menyebabkan terlalu banyak rangsangan dan kadang-kadang menimbulkan efek samping serius dan masalah jantung. Jangan mengkonsumsi produk yang mengandung kafein dan efedrin pada saat yang sama.

Estrogen
Interaksi: Moderat. Berhati-hatilah dengan kombinasi ini.

Bicarakan dengan dokter.

Tubuh memecah kafein dalam teh hitam untuk membuang kafein dari dalam tubuh. Estrogen dapat menurunkan seberapa cepat tubuh rusak kafein. Mengkonsumsi pil estrogen dan minum teh hitam dapat menyebabkan sakit kepala, detak jantung cepat, dan efek samping lainnya. Jika Anda mengkonsumsi pil estrogen, batasi asupan kafein Anda.

Beberapa pil estrogen meliputi estron terkonjugasi (Premarin), etinil estradiol, estradiol, dan lain-lain.

Obat lainnya yang dapat berinteraksi dengan teh hitam antara lain:

  • Ethosuximide
  • Felbamate
  • Flutamide (Eulexin)
  • Fluvoxamine (Luvox)
  • Lithium
  • Obat untuk asma (Beta-adrenergik agonis)
  • Obat untuk depresi (MAOIs)
  • Obat-obatan yang bekerja di hati (sitokrom P450 1A2 (CYP1A2) inhibitor)
  • Interaksi rating: Moderate. Berhati-hatilah dengan kombinasi ini.
  • Obat yang memperlambat pembekuan darah (antikoagulan obat / antiplatelet)
  • Nikotin
  • Verapamil
  • Asam valproat
  • Warfarin (Coumadin)