Inilah yang Harus Dilakukan saat Kulit Anda Kering dan Mengelupas

doktersehat-kulit-keriput-sinar-ultraviolet-kanker

DokterSehat.Com– Apakah Anda merasa kulit Anda seperti reptil? Kulit kering yang membuat Anda tidak nyaman, tapi juga membuat Anda merasa bersisik dan menjijikkan. Selama periode cuaca dingin dan kelembaban rendah, kondisi ini membuat kulit Anda kering.

Tapi jangan takut, karena itu biasa selama cuaca dingin. Periset meminta ahli dermatologi terbaik untuk rencana terbaik untuk menyingkirkan kulit bersisik, agar kulit kembali halus seperti kulit bayi.

Berikut adalah tips untuk membantu menghilangkan kulit kering dari ujung kepala sampai ujug kaki Anda:

1. Kulit wajah kering
Setelah mengelupas, bersikap lembut dan sabar adalah aturan baik untuk wajah Anda. Memilih pembersih wajah ringan bebas sabun dan air hangat untuk dibersihkan, lalu segera oleskan pelembab. “Jika Anda merasa membutuhkan lebih banyak hidrasi, gunakan serum asam hialuronat sebelum menggunakan pelembab,” saran ahli kulit New York City, Sejal Shah, MD.

Asam hidlauratat dapat menyerap hingga 1.000 kali di dalam air, membuatnya sangat efektif untuk bertahan dalam kelembaban. Shah merekomendasikan pelembab bebas minyak Neutrogena Hydro-Boost Water Gel, yang juga memiliki asam hyaluronic.

Cara mencegahnya dengan menghindari sabun dan bahan keras yang membuat wajah Anda terasa kering segera setelah diaplikasikan. Jika Anda menggunakan produk perawatan retinol atau pengeringan seperti lotion obat jerawat, kurangi seberapa sering Anda menggunakannya setiap hari atau kurangi konsentrasinya.

Pengelupasan kulit kering dengan mudah menggunakan scrub atau chemical peels. “Sangat penting untuk kulit mengelupas secara teratur, tapi pastikan tidak terlalu banyak mengelupas, yang akan mengeringkan kulit,” kata Shah. Selain itu, menggunakan alat humidifier di rumah Anda untuk menambahkan uap air ke udara dapat membantu melembabkan kulit Anda.

2. Kaki dan lengan mengelupas
Anda harus menghindari mandi air panas pada kulit kaki dan lengan Anda. “Mandi dengan air panas sebenarnya menghilangkan kelembaban jika kaki dan lengan Anda mengelupas,” kata ahli dermatologi Miami, Jeremy B. Green, MD.

Batasi shower kurang dari 10 menit pada temperatur hangat, lalu segera oleskan pelembab. “Carilah ceramide —pelembab kulit, yang melengkapi penghalang alami kulit,” kata Green. Jika kulit Anda sangat kasar dan bergelombang, tambahkan formula asam salisilat untuk pengelupasan lembut akan membantu menghaluskan kulit.

Cara mencegahnya sama seperti merawat wajah yang mengelupas, baik Shah dan Green merekomendasikan pelembab saat tidur, jika kaki dan lengan Anda merasakan dehidrasi dan gatal.

“Air panas akan menghilangkan kelembaban udara, dan pelembab membantu mengembalikan kelembapan udara. “Ingatlah untuk mengganti air setiap hari pada alat humidifier, agar udara tetap sehat dan bebas bakteri,” jelas Green.

3. Kulit kepala mengelupas
Yang harus dilakukan, “kulit yang mengelupas di kepala adalah dermatitis seboroik yang paling mungkin, istilah medis untuk ketombe,” jelas Green. Banyak orang berpikir mencuci rambut mereka akan membuat pengelupasan lebih buruk, tapi sebenarnya mencuci secara teratur setidaknya setiap hari dengan sampo obat akan memperbaiki kondisinya.

Carilah sampo dengan bahan seperti selenium sulfide atau zinc pyrithione untuk mengobati kulit kepala Anda secara efektif. Jika ketombe tidak menghilang, temui ahli dermatologi Anda, untuk mendapatkan obat resep seperti sampo ketoconazole 2 persen, atau obat anti-inflamasi seperti busa clobetasol.

Cara mencegahnya adalah dengan perawatan rutin setelah ketombe diobati. “Harus mencakup sampo dan kondisioner pelembab lembut, pengkondisian udara mingguan reguler atau perawatan minyak panas, atau perawatan hidrasi lainnya seperti masker rambut,” kata Shah.

Pastikan Anda tidak terlalu banyak mencuci rambut Anda, meski dokter kulit mengatakan bahwa setiap hari sama baiknya. Karena bila dilakukan secara ekstrem dapat menyebabkan pengelupasan.

4. Kulit kaki mengelupas
Yang harus dilakukan adalah melembabkan setiap hari dengan mengoleskan krim kental atau salep di malam hari, lalu lindungi dengan kaus kaki katun putih untuk membantu mengunci kelembaban. Bahan-bahan kaya seperti mentega kakao, shea butter, dan vitamin E membuat kaki rileks. Rumus yang mengandung keratolitik, seperti urea atau asam laktat, bisa sangat membantu jika Anda menderita penangkal kapur di kaki.

Cara mencegah pengelupasan pada area yang menebal dengan mengosokkan batu apung pada kaki adalah kunci untuk menjaga kaki tetap lembut. Terkadang kulit keriput membandel pada kaki, jika dengan metode berlebihan bisa berarti kondisi medis seperti infeksi jamur. Jadi jika kulit masih mengelupas bahkan setelah Anda mencoba tips ini, temui dokter Anda.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik