Inilah Tanda-Tanda Jika Kita Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula

DokterSehat.Com – Bagi banyak orang, rasa makanan yang manis adalah rasa yang sangat enak sehingga bisa membuat ketagihan. Sebagian orang bahkan menyebutkan jika makanan yang manis bisa membuat stress kita mereda. Dalam realitanya, makanan manis yang biasanya memang kaya akan gula memiliki sifat adiktif, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Dalam beberapa kasus, mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan bisa membahayakan kesehatan. Kita tentu harus mengetahui tanda-tanda tubuh yang sudah terlalu banyak mengkonsumsi gula agar kita bisa melakukan langkah-langkah mencegah berbagai macam penyakit. Seperti apakah tanda-tanda tersebut?

doktersehat-manis-gula-batu-diabetes-sugar

Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi gula, tubuh ternyata akan cenderung lebih mudah merasa lesu dan lemas. Hal ini dikarenakan makanan yang kaya gula dan terasa manis akan membuat kenaikan gula darah dengan cepat namun kemudian turun dengan drastis dan membuat tubuh seakan-akan kehilangan energi. Tubuh kiita pun akan meminta konsumsi makanan manis lebih banyak lagi untuk mendapatkan pasokan energi. Hal ini tentu akan berimbas pada kecanduan konsumsi gula yang tebntu bisa meningkatkan resiko terkena diabetes.

Terlalu banyak mengkonsumsi gula juga akan memicu penurunan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan gula dapat merusak sel darah putih, salah satu benteng pertahanan tubuh kita dari berbagai macam penyebab penyakit. Biasanya, sering mengkonsumsi gula akan berimbas pada tubuh yang semakin mudah sakit. Konsumsi gula secara berlebihan juga akan berimbas pada semakin kacaunya keseimbangan hormon did alam tubuh dan hal ini akan berimbas pada suasana hati yang juga semakin memburuk. Kita pun akan cenderung lebih mudah cemas, bersedih, dan mengalami emosi yang tidak stabil.

Konsumsi gula yang berlebihan juga akan berimbas pada kesehatan kulit kita. Tingginya kadar gula dalam tubuh bisa membuat kulit kita semakin mudah berjerawat dan kulit pun cenderung lebih kusam. Ada baiknya kita harus menata ulang konsumsi gula harian agar tidak berlebihan dan memicu berbagai macam masalah kesehatan.