Inilah Pola Hidup Sehat Zaman Now!

DokterSehat.Com– Belakangan ini tren terjadinya penyakit telah berubah dari sebelumnya penyakit menular yang dapat menjadi penyebab kematian, menjadi penyakit tidak menular. Hal ini bukan tanpa sebab, penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, diabetes mellitus dan tekanan darah tinggi dipicu oleh banyak hal salah satunya pola hidup yang sesuai dengan perkembangan zaman.

doktersehat-diet-olahraga-hp-detox

Dengan tingginya kesibukan dalam melakukan pekerjaan maupun sekolah, pola hidup “zaman now” umumnya mengarahkan kita pada gaya hidup pasif (sedentary lifestyle). Gaya hidup pasif ini cenderung menyebabkan kita kurang melakukan aktifitas fisik, hal ini dapat diperparah dengan asupan diet yang tidak tepat yang dapat menjadi faktor utama penyebab terjadinya penyakit tidak menular.

Untuk melawan gaya hidup pasif tersebut, kita harus memahami bagaimana pola hidup sehat zaman now. American Heart Association menekankan dua poin penting yang mampu mencegah terjadinya penyakit tidak menular, dalam hal ini penyakit kardiovaskular, yaitu dengan melakukan perbaikan gaya hidup dan pola makan. Kedua poin ini dijabarkan dalam lima hal dibawah ini:

1. Memiliki berat badan yang ideal
Berat badan yang berlebihan atau kegemukan menjadi kondisi akan mencetuskan banyak penyakit tidak menular.

2. Menjaga kadar kolesterol, tekanan darah dan gula darah dalam batas yang normal
Kolesterol, tekanan darah, dan gula darah yang stabil mampu menjaga kondisi kesehatan baik secara profil darah maupun klinis.

3. Melakukan aktifitas fisik dengan berolahraga
Aktifitas fisik secara teratur mampu akan meningkatkan kesehatan tubuh secara umum karena melatih pernafasan dan membakar kalori tubuh dengan lebih baik.

4. Menerapkan asupan makan yang sehat
Asupan makan sehat yang disarankan adalah mengonsumsi banyak serat serta menghindari makanan dengan gula tambahan.

Baca Juga:  Sudah Pernah Tahu Diet Mediterania?

5. Menghindari penggunaan rokok
Rokok menghambat penyerapan vitamin yang diperlukan dalam tubuh sehingga asupan vitamin harian tubuh dapat terganggu.

Penerapan kelima poin diaatas perlu diterapkan untuk sehingga kita mampu melawan gaya hidup pasif dengan gaya hidup sehat zaman now.