Inilah Penyebab Produksi Keringat Berlebihan

DokterSehat.Com – Ada sebagian orang yang cenderung memproduksi keringat dengan tidak biasa, yakni sangat banyak dan berlebihan. Hal ini tentu akan membuat sangat tidak nyaman mengingat baju kita akan lebih mudah basah dan bau badan kita juga akan mudah terpengaruh. Bahkan, andai kita memakai deodorant pun, keringat yang sangat berlebihan ini akan tetap masih berlangsung. Sebenarnya, apa sajakah penyebab dari masalah keringat berlebihan ini?

doktersehat-bau-badan-keringat-ketiak

Hyperhidrosis
Pakar kesehatan menyebutkan jika pemicu utama dari banyaknya keringat yang diproduksi adalah kondisi kesehatan yang disebut sebagai hyperhidrosis atau kondisi dimana tubuh memproduksi keringat dengan sangat banyak dan berlebihan. Pakar kesehatan Dee Anna Glaser dari St. Louis University Schoolf of Medicine menyebutkan jika ada sebagian orang yang memproduksi keringat dengan berlebihan pada beberapa bagian tubuh layaknya pada ketiak, tangan, kaki, bahkan pada atas bibir. Seringkali, kondisi hyperhidrosis juga disebabkan oleh faktor genetic atau keturunan. Jika ada keluarga yang memiliki riyawat hyperhidrosis, maka bisa jadi kita akan mengalami hal yang sama.

Ada Indikasi Penyakit yang Lebih Berat
Produksi keringat yang berlebihan kadangkala disebabkan oleh hal yang mengkhawatirkan, yakni tanda dari penyakit yang jauh lebih berbahaya. Sebagai contoh, penderita diabetes yang memiliki kadar gula darah yang sulit untuk dikendalikan bisa membuat produksi keringat menjadi tidak menentu. Tak hanya itu, mereka yang mengalami obesitas juga akan cenderung memiliki ketidaklancaran laju oksigen di dalam tubuh sehingga produksi keringat juga sangat berlebihan.

Konsumsi Obat-Obatan Tertentu
Jika kita mengkonsumsi beberapa jenis obat layaknya obat penenang, obat anti depresan, obat hormonal, obat masalah jantung, hingga antibiotik tertentu ternyata juga bisa membuat kita memproduksi keringat secara berlebihan. Kita bisa bertanya mengenai obat yang kita konsumsi pada dokter jika tidak ingin mendapatkan efek samping produksi keringat berlebihan.