Inilah Penyebab Mata Sembab

DokterSehat.Com – Penampilan wajah yang cenderung kurang menarik atau kurang terawat sejatinya dapat mempengaruhi buruknya penampilan tubuh secara keseluruhan. Demikian juga halnya dengan penampilan kondisi mata yang terlihat sembab, bengkak dan tidak bercahaya sehingga membuat penampilan secara keseluruhan menjadi tidak menarik lagi. Hindari beberapa penyebab mata sembab berikut ini agar penampilan tubuh secara keseluruhan menjadi makin menarik.

14

Berikut ini akan disampaikan beberapa penyebab mata sembab :

  • Kurang istirahat dan gangguan penyakit
    Kurangnya istirahat juga dapat menjadi pemicu teradinya mata sembab, namun biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah melakukan istirahat terbaik yaitu tidur. Gangguan penyakit kronis yang sudah semakin parah terutama gangguan kesehatan pada organ hati dan jantung juga dapat memicu terjadinya mata sembab.
  • Kelelahan mata
    Terlalu banyak menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer dalam keadaan kurangnya pencahayaan dan tingginya konsentrasi otak dan mata akan menyebabkan kelelahan mata karena mata terlalu bekerja keras atau berakomodasi maksimum. Apabila dibiarkan maka lama kelamaan juga dapat menyebabkan mata menjadi sembab dan bengkak.
  • Obat tetes mata
    Kandungan obat tetes mata yang mengandung steroid juga dapat menyebabkan mata menjadi bengkak. Kandungan steroid dalam obat mata bisa memberikan tekanan kuat pada bola mata, dan membuat mata menjadi tegang. Mata yang tegang ini mengakibatkan tekanan pada pembuluh darah di kulit sekitar mata menjadi meningkat sehingga membuat mata terlihat sembab dan bengkak.
  • Gangguan peredaran darah
    Gangguan peredaran darah pada pembuluh darah sekitar daerah mata juga bisa menyebabkan mata sembab. Aliran peredaran darah yang tidak tersirkulasi sempurna akan menyebabkan pasokan oksigen terganggu atau berkurang, sehingga pernapasan kulit sekitar mata menjadi terganggu.
  • Asinan
    Terlalu banyak dan sering mengkonsumsi makanan asinan juga dapat menjadi pemicu terjadinya mata sembab. Tingginya kadar garam dalam makanan asinan akan menyebabkan penyerapan cairan tubuh dan mengumpulkannya pada kantung mata bagian bawah.
  • Menangis
    Menangis dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan mata menjadi sembab karena pengumpulan cairan air mata yang terlalu banyak pada kelopak mata bagian bawah sebelah dalam. Cairan air mata memang mengandung garam yang berpotensi menyebabkan mata menjadi sembab karena sifat garam yang menyerap air dalam tubuh.