Inilah Penyebab Kulit Wajah Kita Memproduksi Minyak Berlebihan

DokterSehat.Com – Masalah kulit berminyak adalah masalah kesehatan kulit pada wajah yang sangat tidak disukai oleh banyak orang. Bagaimana tidak, minyak berlebihan pada kulit akan berimbas pada masalah yang lebih parah layaknya kulit yang kusam, jerawat, komedo, dan lain sebagainya. Seringkali masalah produksi minyak berlebihan ini disebabkan oleh kulit mati yang membuat pori-pori kulit wajah tersumbat. Yang menjadi pertanyaan adalah, sebenarnya apa sajakah penyebab dari masalah kulit wajah yang berminyak ini?

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Pakar kecantikan menyebutkan jika kita terlalu sering mencuci muka, kita bukannya akan membuat wajah menjadi lebih bersih namun justru akan membuat lapisan pelindung terluar dari kulit akan menghilang. Jika hal ini terjadi, kelenjar minyak pun akan berusaha untuk memperbaiki hal ini dan mengeluarkan minyak alami dengan jumlah yang lebih banyak sehingga membuat kulit wajah kita menjadi lebih berminyak. Selain mulai mengurangi frekuensi mencuci muka, ada baiknya kita juga mulai menepuk kulit dengan lembut saat mencucinya alih-alih menggosoknya dengan keras.

Konsumsi makanan yang kaya minyak ternyata juga bisa ikut berimbas pada produksi minyak berlebihan pada kulit wajah. Selain itu, jika kita banyak mengkonsumsi produk susu, maka kita bisa membuat sebuah hormon alami yang bisa menyumbat pori-pori ikut muncul. Perubahan hormon, khususnya yang terjadi pada kaum hawa selama fase menstruasi juga akan memciu peningkatan aktifitas kelenjar minyak pada kulit wajah hingga kulit kepala. Jika hal ini terjadi, kulit wajah pada wanita yang sedang haid pun kerap kali menjadi lebih kusam dan berminyak.

Penyebab kulit wajah memproduksi minyak secara berlebihan bisa jadi disebabkan oleh fakto r keturunan. Namun, bisa jadi pula masalah ini disebabkan oleh penggunaan produk perawatan kulit yang cenderung kurang cocok bagi kondisi kulit kita. Alih-alih membersihkan dan membuat kulit wajah menjadi lebih sehat, produk ini justru bisa membuat masalah kulit berminyak pada wajah ini menjadi semakin parah.