Inilah Manfaat Pemeriksaan Kehamilan

DokterSehat.Com – Memiliki buah hati yang sehat dan cerdas adalah dambaan setiap pasangan hidup saat dalam kehamilan yang sedang menunggu kelahiran bayinya, orangtua dan dokter harus mewaspadai berbagai kondisi saat kehamilan yang sebagian tidak disadari kondisi lingkungan dan kesehatan individu ibu hamil berpengaruh dalam kesehatan janinnya.



Banyak faktor internal dan eksternal dari ibu hamil yang dapat berpengaruh dalam menentukan tumbuh kembang janin sehingga dapat mengganggu kesehatan bayi saat dilahirkan, masa depan anak dan kehebatan buah hati kita ternyata sangat ditentukan sejak dini khususnya saat kehamilan.

ibu hamil sangat disarankan melakukan pemeriksaan kehamilan atau ante natal care (ANC) sangat disarankan bagi para ibu hamil untuk memonitor kesehatan ibu dan janin dalam kandungan, pemeriksaan kehamilan adalah serangkaian pemeriksaan yang dilakukan secara berkala dari awal kehamilan hingga proses persalinan untuk memonitor kesehatan ibu dan janin agar tercapai kehamilan yang optimal.

WHO menyarankan agar melakukan pemeriksaan kehamilan setiap 4 minggu sekali dari saat pemeriksaan kehamilan pertama kali hingga usia kehamilan 28 minggu, setiap 2 minggu sekali dari usia kehamilan 28-36 minggu dan setiap satu minggu sekali dari usia kehamilan 36 minggu hingga waktunya melahirkan.

Pentingnya pemeriksaan kehamilan untuk janin dalam kandungan

Pentingnya pemeriksaan kehamilan yang paling utama adalah untuk mengetahui apakah ada sesuatu yang salah dengan perkembangan janin, deteksi dini akan menjadi salah satu pencegahan yang patut dilakukan oleh seorang ibu agar ia mendapatkan informasi yang tepat dan akurat. Pentingnya pemeriksaan kehamilan juga perkaitan dengan kesehatan sang ibu. Dengan mengetahui kondisi kesehatan, sang ibu pun dapat mempersiapkan diri, baik mental dan fisik untuk menyambut kelahiran buah hati. Keterlambatan akan deteksi dini tentang perkembangan janin dalam kandungan dapat berakibat buruk dan merembet pada masalah komplikasi berbagai masalah penyakit. Oleh karena itu, seorang calon ibu harus menyadari akan pentingnya pemeriksaan kehamilan.

Baca Juga:  Bedah Kandungan Robotik, Bedah Kandungan Masa Depan

Pentingnya pemeriksaan kehamilan untuk memonitor kesehatan ibu dan bayi

Pentingnya pemeriksaan kehamilan bagi ibu dan bayi memang tidak diragukan lagi, saat anda memeriksakan kandungan, anda akan mengetahui apakah anda mempunyai masalah kesehatan, misalnya; tekanan darah tinggi, terkena anemia, kencing manis, mengalami hamil anggur, hamil di luar rahim, berat badan janin yang masih rendah, tali plasenta yang membelit tubuh bayi, atau infeksi penyakit lainnya. Dengan mengetahui dan mengidentifikasi gangguan kehamilan tersebut, sang ibu semestinya segera memeriksakan diri untuk mengetahui informasi kesehatan untuk dirinya dan janin yang dikandung. Dengan demikian, sang ibu pun menjadi semakin tahu pentingnya pemeriksaan kehamilan.

Pentingnya pemeriksaan kehamilan secara rutin

Pentingnya pemeriksaan kehamilan yang dilakukan secara rutin setidaknya akan membuat sang ibu dapat memonitor perkembangkan bayi. Sang ibu dapat melakukannya setiap bulan untuk melihat apakah sang bayi berkembang secara normal dan aktif bergerak dalam kandungan. Selain itu, anda dapat memeriksakan diri ke dokter kapan saja apabila ada sesuatu yang salah dengan kandungan anda. Dengan begitu, pencegahan hal buruk yang terjadi dalam kandungan pun dapat dilakukan sehingga sang bayi tetap selamat. Jadi, dengan mengetahui manfaat yang penting diatas, sang ibu tidak boleh mengabaikan tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan.