Inilah Kenapa Kita Harus Pilih Makanan Organik

DokterSehat.Com– Pola hidup masyarakat akhir-akhir ini cenderung mengarah ke pola hidup tidak sehat. Dua hal yang sering dijadikan penyebabnya adalah kurangnya berolahraga serta banyak dari kita yang mengonsumsi makanan yang kurang sehat bagi tubuh. Hal ini tentu terjadi tentu seiring dengan perkembangan zaman dimana aktivitas harian yang padat dan mudahnya kita memperoleh makanan-makanan siap saji baik jenis fast food ataupun makanan kemasan.

doktersehat-sayur-sehat-makan

Untuk melawan hal tersebut, kini mulai banyak diproduksi bahan makanan yang dianggap sehat karena terbebas dari penggunaan bahan kimia yaitu bahan makanan organik. Salah satu jenis yang mudah kita peroleh adalah sayur dan buah. Buah dan sayur organik diklaim bebas dari bahan kimia sehingga kita dapat merasakan manfaat dari vitamin dan mineral yang terdapat pada buah dan sayur dengan lebih maksimal.

Menurut pakar kesehatan bahan makanan organik tepat dipilih untuk kita yang ingin hidup sehat. Buah dan sayur organik memiliki kandungan antioksidan sebanyak 10-50% dibandingkan dengan buah dan sayur biasa (non-organik). Antioksidan yang tinggi pada bahan makanan organik sangat bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang menjadi sumber berbagai penyakit seperti kanker. Selain itu buah dan sayur organik memiliki kandungan vitamin C dan mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium dan zat besi yang lebih tinggi daripada bahan makanan non-organik.

Penelitian yang dilakukan di Glasgow University di Inggris menunjukkan adanya hubungan antara kandungan nitrat yang ada pada sayur dengan kanker kerongkongan yang meningkat kejadiannya dalam dua puluh tahun terakhir. Nitrat biasanya digunakan sebagi pupuk untuk tanaman. Namun, pada tanaman organik kandungan nitrat dalam buah dan sayur lebih rendah 25% dibandingkan dengan tanaman non-organik.
Sayur dan buah organik memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan lebih unggul dibandingkan dengan bahan makanan non-organik. Setelah tau manfaatnya, apa anda sudah mau mulai mengonsumsi sayur dan buah organik dari sekarang?