Inilah Beberapa Penyebab Diare

DokterSehat.Com – Disamping memberikan rasa yang tidak nyaman bagi perut, diare juga bisa memaksa kita untuk bolak-balik ke toilet untuk buang air besar. Banyak orang yang mengkaitkan diare dengan kebiasaan makan yang kurang sehat, khususnya dengan memakan makanan yang cenderung kurang bersih. Memang, makanan yang kotor dapat menjadi penyebab diare, namun, terdapat beberapa penyebab diare lainnya yang juga perlu untuk kita waspadai seperti sebagai berikut.

doktersehat-hernia-inguinalis

Bakteri adalah salah satu penyebab terjadinya bakteri yang cukup populer. Bakteri ini ditengarai berasal dari makanan yang kita konsumsi, khususnya jika makanan tersebut kurang dicuci dengan bersih dan berasal dari bahan makanan yang kurang sehat. Bakteri escheria colli, salmonella, shigella, dan juga campylobacter adalah jenis bakteri penyebab diare yang sangat umum. Disamping bakteri, parasit layaknya giardia lambilia yang juga memasuki tubuh melalui makanan atau minuman juga bisa menjadi penyebab diare. Virus layaknya virus rota, virus hepatitis, atau virus cytomegalo juga bisa menjadi penyebab diare. Jika bakteri dan parasit memasuki tubuh melalui makanan, virus justru bisa memasuki tubuh melalui media udara.

Selain bakteri, virus, dan juga parasit, diare juga bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang mempengaruhi organ pencernaan. Mereka yang alergi dengan susu bisa menyebabkan organ pencernaan kurang mampu mencerna laktosa pada susu sehingga menyebabkan diare. Jika kita asal memakan makanan dengan bahan pengawet buatan atau pemanis buatan, organ pencernaan juga bisa mengalami masalah dan menyebabkan diare.

Saat mengalami diare, tubuh akan cenderung kehilangan banyak cairan sehingga kita tentu harus meminum air putih dalam jumlah yang cukup besar. Selain itu, kita juga harus menghindari beberapa makanan yang berpotensi bisa membuat diare menjadi lebih parah layaknya makanan pedas, kopi, dan juga buah-buahan. Disamping air minum, kita bisa memakan makanan karbohidrat meskipun dalam jumlah yang sedikit agar perut bisa lebih merasa nyaman. Area perut juga bisa kita kompres dengan air hangat sehingga perut pun tidak lagi terasa melilit.