Inilah Beberapa Efek Dari Kebiasaan Masturbasi

DokterSehat.Com – Saat manusia memasuki masa remaja, banyak dari kita yang penasaran dengan kehidupan seksual dan pada akhirnya terjebak dengan sebuah kebiasaan buruk berupa masturbasi. Dengan melakukan masturbasi, mereka bisa mendapatkan kepuasan tersendiri karena organ vital merasakan sensasi yang mirip dengan melakukan kegiatan seksual. Beberapa orang bahkan menganggap masturbasi sebagai sebuah kegiatan yang serius hingga membeli alat bantu seks layaknya vibrator atau bahkan boneka seks. Sayangnya, kebiasaan masturbasi ini bisa memicu masalah seksual di kemudian hari. Berikut adalah beberapa efek dari kebiasaan melakukan masturbasi.



Kaum pria biasanya lebih mudah tertarik dengan lawan jenis dan melakukan banyak fantasi seksual dan untuk melampiaskannya, maka dipilihlah masturbasi karena tidak akan merugikan orang lain. Namun, jika masturbasi dilakukan dengan berlebihan, maka organ vital pun bisa mengalami masalah. Sebagai contoh, masturbasi bisa dilakukan dengan gesekan tangan atau penggunaan alat bantu seks. Jika masturbasi dilakukan dengan gesekan atau penggunaan alat bantu seks dengan kasar, bisa jadi organ vital akan mudah mengalami cedera. Gesekan yang berlebihan bahkan bisa memicu iritasi atau luka pada organ vital. Selain itu, area selangkangan juga bisa mengalami rasa nyeri karena sering merasa tegang saat bermasturbasi.

Kebiasaan melakukan masturbasi ternyata juga bisa menyebabkan perubahan hormon pada tubuh. Tahukah anda, masturbasi yang dilakukan terlampau sering ternyata akan membuat aktifitas syaraf parasimpatik menjadi berlebihan dan berbagai hormon layaknya dopamine, serotonin, atau bahkan asetilkolin akan mengalami ketidakseimbangan sehingga metabolisme tubuh pun akan menjadi kacau. Dalam beberapa kasus, masturbasi yang dilakukan terlalu sering bahkan bisa membuat masalah ereksi bagi organ vital pria.

Beberapa pakar kesehatan juga berkata bahwa kebiasaan bermasturbasi bisa mempengaruhi psikologis pelakunya, khususnya jika sudah menikah. Banyak orang yang tidak bisa mengalami rasa puas pada kehidupan seksualnya karena merasa berbeda dengan imajinasi seksual dan kegiatan masturbasinya. Selain itu, banyak juga yang kurang percaya diri dalam melakukan hubungan intim dengan pasangan sehingga keharmonisan rumah tangga pun bisa terganggu. Dengan banyaknya dampak negatif dari masturbasi, anda tentu akan berpikir ulang untuk meneruskan kebiasaan buruk ini, bukan? Segeralah hentikan buruk ini dan jalani kehidupan seks yang lebih sehat dengan pasangan anda.

Baca Juga:  Penyebab Haid Tidak Teratur