Inilah Bahaya Mengkonsumsi Beras Plastik

DokterSehat.Com – Beras plastik yang saat ini sedang menjadi fenomena di berbagai media ternyata sangat membahayakan bagi kesehatan umat manusia, bahkan dari beberapa media disebutkan beras plastik ini sudah memakan korban sekitar 300 ribu orang menderita sakit dan bahkan sampai merenggut 6 nyawa balita. Itu terjadi sekitar tahun 2008 di negara asal beras ini di produksi.

7

Menurut Ketua Tim Pangan dan Gizi Jatim Andriyanto,beras plastik ini jika di konsumsi bisa menjadi penyebab rusaknya organ seperti hati dan gagal ginjal. Bukan itu saja plastik yang terkandung dalam beras palsu ini bersifat karsinogen dan bila dikonsumsi dalam jangka panjang bukan tidak mungkin akan menyebabkan kanker bahkan kematian.

Gejala awal yang ditimbulkan dari mengonsumsi beras plastik adalah :

  • Mual, rasa ini muncul karena kandungan plastik yang termakan tadi menempel pada saluran pencernaan. Nah efek jangka panjang bisa menyebabkan kangker kolom dan lambung.

    Rasa yang  ditimbulkan hampir mirip ketika orang menderita sakit maag.

  • Pusing, rasa in muncul seiring adanya gangguan pada saluran pencernaan tadi.

    Nah bagaimana cara mudah membedakan beras asli dan beras plastik (palsu) supaya kita bisa terhindar dari bahaya yang akan ditimbulkan.

Berikut sedikit tips membedakan beras asli dan beras palsu :

  • Vitamin B1 yang terkandung dalam beras tentu tidak dimiliki oleh beras plastik, nah vit B1 ini lah yang akan menyebabkan warna beras asli berwarna putih pudar. Dan memberikan aroma khas beras serta saat kita mengambil beras pasti akan meninggalkan kotor pada tangan.

    Sedang beras plastik warnanya lebih menarik,cenderung bersih.

  • Sebelum memasak coba ambil sesendok dan bakar bagian bawah sendok, jika tercium aroma plastik maka bisa dipastikan itu palsu. Sedang kalo beras asli akan menimbulkan aroma yang khas sedikit gurih.
  • Bila terlanjur dimasak maka beras sintetik ini akan menggumpal mirip nasi liwet atau nasi yang kebanyakan air serta bila di pegang terasa kenyal dan jika dimakan akan terasa sedikit pahit.
  • Beras mempunyai berat yang khas nah maka waspadai jika anda membeli beras jika volumenya berbeda dari biasanya