Inilah Alasan Utama Orang Enggan Mengunjungi Dokter Gigi

DokterSehat.Com – Apa sih alasan orang cenderung malas untuk rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulutnya ke dokter gigi? Banyak orang yang berpikir jika peralatan yang tersedia di ruangan dokter gigi cukup menyeramkan dan bisa membuat mereka kesakitan. Namun, tahukah anda jika sebenarnya bukan rasa takut yang membuat orang malas mengunjungi dokter gigi, namun justru adalah biaya pemeriksaan gigi yang cenderung jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan pemeriksaan kesehatan pada bagian tubuh lainnya. Sebuah survei bahkan menyebutkan jika ada tiga kali lipat jumlah orang yang enggan mengunjungi dokter gigi karena biaya mahal jika dibandingkan dengan yang enggan mengunjunginya karena takut.

doktersehat-dokter-gigi

Survei ini sendiri dilakukan oleh Marko Vujicic yang berasal dari Health Affairs. Dari survei ini, diketahui bahwa 13 persen masyarakat dari kelas menengah cenderung malas mengunjungi dokter gigi karena menganggap biaya pemeriksaannya terlalu mahal. Sementara itu, 25 persen masyarakat dari kelas bawah akan cenderung lebih memprioritaskan pemeriksaan kesehatan pada bagian tubuh yang lain dan tidak berminat pada pemeriksaan gigi karena melebihi pendapatan mereka. Yang menarik adalah, banyak orang dari kalangan ekonomi atas yang ternyata juga mempermasalahkan hal yang sama.

Vujicic menyebutkan jika di Amerika Serikat, ada kecenderungan biaya pemeriksaan gigi layaknya menambal atau restorati gigi, ekstraksi gigi, pemasangan gigi palsu, veneer, hingga perawatan ortodontik, yang ternyata sama sekali tidak ditanggung oleh asuransi. Ia menyebutkan jika pada tahun 2015 saja, setidaknya masyarakat Amerika Serikat harus membayar 40 persen biaya perawatan gigi dari penghasilannya sendiri, sangat kontras dari biaya pemeriksaan kesehatan umum yang hanya akan merogok 11 persen pendapatan.

Dengan adanya fakta ini, Vujicic pun berharap agar masyarakat bisa mendapatkan asuransi yang lebih bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan, khususnya bagi mereka yang mengalami masalah kesehatan gigi sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya mahal di masa depan hanya untuk memeriksakan giginya.