Ini yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Mengkonsumsi Sekaleng Soda

DokterSehat.Com– Minuman bersoda masih menjadi salah satu minuman favorit bagi banyak orang, khususnya anak muda. Tak hanya harganya yang cenderung terjangkau, mengkonsumsi sekaleng soda dingin bisa membuat tubuh menjadi lebih segar, apalagi di suhu udara yang cenderung lembab dan panas seperti sekarang ini. Sayangnya, pakar kesehatan sudah berkali-kali menyebutkan bahwa minuman bersoda sangat tidak sehat bagi kesehatan. Berikut adalah yang terjadi pada tubuh setelah mengkonsumsi sekaleng minuman bersoda.

doktersehat-minuman-kaleng-bir-soda

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa setelah mengkonsumsi sekaleng minuman bersoda, berat badan kita bertambah 0,66 persen dari berat badan sebelumnya. Lingkar pinggang juga bertambah dengan signifikan. Hal ini disebabkan oleh kandungan gula di dalam minuman bersoda yang sangat tinggi, yakni sekitar 10 sendok teh gula. Tak hanya itu, minuman bersoda juga memiliki kandungan asam fosfat yang bisa mengganggu kemampuan saluran pencernaan dalam menyerap kalsium dari makanan. Hal ini tentu bisa membuat kita lebih beresiko terkena masalah osteoporosis.

Kandungan lain yang ada dalam minuman bersoda adalah aspartame atau pengganti gula. Kerap mengkonsumsi kandungan ini bisa memicu tumor otak, diabetes, multiple sclerosis, dan kejang-kejang.

Di dalam sekaleng minuman bersoda, kita juga akan menemukan kandungan kafein yang sangat tinggi. Padahal, mengkonsumsi kafein dengan berlebihan bisa memicu beberapa penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, denyut jantung yang tidak teratur, dan kanker payudara.

Melihat betapa besar dampak buruk dari minuman bersoda ini, masih yakin untuk sering mengkonsumsinya?