Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Berhenti Mengkonsumsi Gula

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika mengkonsumsi gula bisa memberikan banyak sekali dampak negatif bagi kesehatan tubuh, termasuk dalam hal menyebabkan obesitas dan diabetes. Hanya saja, apa yang akan terjadi pada tubuh jika kita kemudian mengurangi konsumsi gula atau bahkan benar-benar berhenti mengkonsumsinya?

doktersehat-gula-permen

Setelah 2 hari menurunkan asupan gula
Laman kesehatan Boldsky menyebutkan bahwa dua hari setelah kita menurunkan asupan gula, sistem pencernaan pada tubuh akan kembali berfungsi dengan normal sehingga berbagai nutrisi dari makanan yang kita konsumsi akan diserap dengan lebih baik.

Setelah seminggu tidak mengkonsumsi asupan gula apapun
Jika kita benar-benar berhenti mengkonsumsi asupan gula, maka dalam waktu seminggu saja tubuh akan terasa lebih bertenaga. Tak hanya itu, kualitas tidur juga akan meningkat dengan signifikan sehingga kita pun akan terbangun dengan lebih mudah dengan sensasi bugar.

Setelah 10 hari tanpa asupan gula
Jika kita tidak mengkonsumsi gula sama sekali dalam waktu 10 hari, tekanan pada pembuluh darah arteri akan berubah menjadi normal dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh juga semakin menurun.

Setelah 1 bulan tanpa asupan gula sama sekali
Kulit akan menjadi lebih sehat. Selain itu, indera perasa juga akan lebih baik dalam merasakan kenikmatan makanan. Indera penciuman juga akan cenderung semakin peka.

Setelah 1 tahun tidak mengkonsumsi gula
Tubuh akan semakin berenergi. Selain itu, berat badan juga akan menurun dengan signifikan dan diiringi dengan sistem kekebalan tubuh yang semakin kuat.

Setelah 5 tahun tidak mengkonsumsi gula
Tubuh akan semakin segar, bugar, dan tidak mudah jatuh sakit.