Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Anda Saat Kekurangan Serat

DokterSehat.Com – Seringkali kita hanya mementingkan rasa pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Padahal, pakar kesehatan sudah menekankan betapa pentingnya kadar gizi yang seimbang yang akan secara langsung mempengaruhi kesehatan tubuh. Salah satu jenis asupan yang seringkali kita lupakan adalah asupan serat. Serat yang bisa ditemui pada buah-buahan dan sayuran memang seringkali memang kurang terasa nikmat jika dibandingkan dengan makanan yang kaya lemak atau gula. Padahal, jika kita sering tidak memenuhi asupan serat sehari yang berkisar antara 20 hingga 30 gram. Inilah yang terjadi pada tubuh jika kita kekurangan asupan serat setiap harinya.

doktersehat-Enkopresis-Gastroenteritis-Peritonitis

Sudah menjadi rahasia umum jika serat akan sangat baik bagi proses pencernaan kita. Jika kita kekurangan serat, maka kita akan beresiko terkena penyakit wasir dan juga konstipasi. Kurangnya serat akan membuat proses pencernaan tidak lancar dan cenderung akan membuat kotoran semakin sulit dibuang. Obat-obatan yang diperuntukkan untuk masalah buang air besar sendiri terdiri dari kandungan serat, bukan?

Tubuh yang kekurangan serat juga akan cenderung lebih mudah terasa lapar. Meskipun anda mengkonsumsi makanan yang kaya lemak dalam porsi yang besar, dalam satu atau dua jam kemudian kita akan mudah terasa lapar dan akhirnya memakan camilan atau bahkan makan besar lagi sehingga berpotensi membuat kenaikan berat badan dengan cepat. Selain itu, kadar gula darah di dalam tubuh juga akan menjadi tidak terkendali karena banyaknya konsumsi makanan kaya akan kalori. Setelah makan, tubuh akan mengalami kenaikan gula darah dengan cepat namun kemudian kadar gula darah ini akan menurun dengan cepat. Tubuh pun akan menjadi lebih mudah lesu sekaligus meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2.

Baca Juga:  Apa yang Terjadi Jika Bayi Meminum Air Ketuban?

Jika kita jarang mengkonsumsi serat, maka kita pun akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, apalagi jika kita banyak mengkonsumsi makanan berlemak yang tentu akan beresiko meningkatkan kandungan kolesterol pada pembuluh darah. Melihat adanya fakta ini, kita tentu sebaiknya menjaga asupan serat harian kita agar selalu cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.