Ini yang Terjadi Pada Dokter Setelah Melakukan Operasi Selama 32 Jam

DokterSehat.Com– Bagi para dokter bedah, prosedur operasi yang memakan waktu lama bukanlah hal yang mengejutkan untuk dilakukan. Namun, bagi orang biasa, hal ini adalah sesuatu yang luar biasa. Bagaimana tidak, dokter bedah harus melakukan operasi dengan terus berdiri, berkonsentrasi penuh, dan harus benar-benar cermat saat melakukannya demi menyelamatkan nyawa pasiennya.

Photo Source: en.newsner.com

Dikutip dari Newsner, tiga dokter bedah, enam ahli bius, dan enam perawat bersama-sama melakukan prosedur operasi di Fujian Medical University Union Hospital. Yang luar biasa adalah, mereka melakukan enam prosedur operasi terpisah selama 32 jam demi menghilangkan tumor otak pada seorang pasien.

Salah seorang dokter bedah yang terlibat, Dr. Chen Jianping, berkata bahwa pasien ini memiliki aneurisma dan hemangioblastoma pada batang otaknya. Prosedur operasi untuk mengatasi kedua masalah ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Jika sampai salah satu tumor pecah saat tumor lain diangkat, dampaknya bisa fatal.

Selama operasi, para petugas medis ini hanya mengambil beberapa kali waktu istirahat yang pendek. Keluarga pasien juga sempat khawatir dengan kondisi fisik para dokter yang terus bekerja keras dalam waktu yang lama.

Secara luar biasa, operasi ini berhasil dilakukan. Usai prosedur operasi benar-benar selesai, para dokter langsung tergeletak di lantai. Meski terlihat kelelahan, salah satu dokter bedah terlihat sangat bahagia dan menunjukkan tanda “V” pada jarinya yang berarti victory atau kemenangan.

Unggahan foto yang menunjukkan para dokter setelah melakukan operasi ini langsung viral di media sosial yang ada di Tiongkok. Dr. Jianping sendiri mengaku tidak mempermasalahkan foto-fotonya tersebar di dunia maya.

Dengan merendah, Dr. Jianping berkata bahwa ada banyak sekali pahlawan medis yang lebih layak untuk dipuji dibandingkan dirinya. Ia juga menganggap dirinya hanya berbuat maksimal demi merawat pasien.

Kalau Sobat Sehat kira-kira kuat tidak jika sampai harus melakukan operasi yang sangat lama seperti yang Dr. Jianping lakukan?