Ini yang Terjadi Jika Wanita yang Sedang Menstruasi Memaksakan Diri Untuk Berolahraga

DokterSehat.Com – Meskipun selalu ditunggu-tunggu kedatangannya oleh kaum hawa, fase menstruasi bisa membuat tubuh wanita mengalami berbagai gangguan kesehatan layaknya kram perut, kepala pusing, hingga fluktuasi suasana hati. Karena alasan inilah banyak wanita yang cenderung malas untuk bergerak dan memilih untuk bersantai saja saat fase menstruasi tiba. Namun, bagi sebagian wanita yang ingin tetap menjaga kebugarannya atau ingin menurunkan berat badan, mereka tentu tidak ingin melewatkan aktifitas fisik secara rutin. Apakah aktifitas fisik yang dilakukan saat fase menstruasi ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan wanita?

doktersehat-sakit-perut-haid-haids-mestruasi-radang-usus-buntu

Pakar kesehatan Alyse Kelly-Jones yang berasal dari Novant Health Mintview OB/GYN, berkata jika sebenarnya olahraga bukanlah hal yang perlu dihindari oleh wanita yang sedang haid. Bahkan, andai kita mau melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, maka tubuh akan melepaskan cukup banyak hormon endorphin yang akan membuat suasana hati justru semakin membaik. Adanya hormon endorphin ini akan membuat rasa sakit di dalam tubuh semakin berkurang. Selain itu, prostaglandin dan berbagai zat kimia lainnya yang diproduksi tubuh saat fase haid yang memicu peradangan, rasa nyeri, kontraksi otot, hingga demam, juga kadarnya semakin menurun. Alhasil, tubuh pun merasa jauh lebih baik setelah berolahraga.

Kelly-Jones juga berkata bahwa wanita yang mau memaksakan diri melawan rasa malas dan kemudian berolahraga, maka Ia akan lebih baik dalam membakar kalori. Hal ini terjadi karena rendahnya kadar hormon progesterone dan estrogen sehingga membuat tubuh lebih mudah mengambil karbohidrat dan oksigen sebagai bahan bakar saat berolahraga.

Olahraga yang paling disarankan bagi wanita yang sedang menstruasi adalah olahraga kardio. Hal ini dikarenakan saat sedang dalam fase menstruasi, tubuh wanita memiliki suhu yang cenderung lebih rendah sehingga olahraga ini justru akan membuat tubuh menjadi lebih hangat dan membakar kalori lebih banyak.

Baca Juga:  Olahraga Ini Cocok Dilakukan di Bulan Puasa

Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya memang kita tetap berolahraga meskipun sedang merasakan berbagai hal yang kurang nyaman saat menstruasi.