Ini yang Terjadi Jika Penderita Psoriasis Hobi Merokok

doktersehat-psoriasis-kelainan-kulit-impetigo
pic credit: psoriasis-netz

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang menderita psoriasis, masalah kesehatan yang menyebabkan kulit terlihat bersisik, kering dan kerap terkelupas. Yang menjadi masalah adalah, cukup banyak penderita psoriasis yang menyepelekan masalah kesehatannya dan tetap merokok

Dikutip dari Everyday Health, merokok memang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, khususnya bagi jantung dan paru-paru. Yang menjadi masalah adalah, bagi penderita psoriasis, kebiasaan merokok ini akan memperburuk masalah kesehatan yang dialaminya.

Menurut pakar kesehatan Natasha Mesinkovska, MD, PhD, dari UC Irvine School of Medicine, California, Amerika Serikat, para perokok akan membuat masalah psoriasis dalam tubuhnya semakin parah dua kali lipat jika dibandingkan dengan penderita psoriasis yang tidak merokok. Fakta ini sesuai dengan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal yang diterbitkan Maret 2012 lalu berjudul American Journal of Epidemiology. Bahkan, jurnal lain berjudul International Journal of Dermatology yang terbit Februari 2016 lalu menghasilkan fakta bahwa perokok berat mampu meningkatkan risiko terkena penyakit ini hingga 2 kali lipat.

Dr. Mesinkovska menyebutkan bahwa bagi mereka yang secara genetik rentan terkena psoriasis, maka kandungan asap rokok yang merepa hisap akan mengaktifkan gen yang memicu masalah kesehatan tersebut. Selain itu, merokok bisa memicu stress pada organ tubuh. Padahal, stress adalah salah satu pemicu utama dari psoriasis.

Sebagai informasi, psoriasis adalah penyakit autoimun yang bisa menyerang jaringan normal. Yang menjadi masalah adalah, nikotin dari asap rokok juga menyerang sistem imun dan akhirnya memicu munculnya psoriasis ini. Kandungan asap rokok juga bisa menyebabkan kerusakan oksidatif hingga level sel.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang penderita psoriasis menghindari asap rokok. Selain itu, pastikan untuk tidak tergoda untuk merokok agar tidak sampai terkena masalah kesehatan ini, ya?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik