Ini yang Terjadi Jika Lalat Hinggap pada Makanan Kita

DokterSehat.Com– Salah satu hewan yang paling menyebalkan adalah lalat. Bagaimana tidak, hewan ini bisa terbang hingga ke dalam rumah dan sangat mengganggu. Berbeda dengan nyamuk yang mudah ditangkap, lalat juga cenderung sangat lincah sehingga sulit untuk ditepuk. Selain itu, lalat kerap kali mengincar makanan yang sedang disediakan di meja makan atau yang sedang kita lahap. Sebenarnya, apa sih yang terjadi jika lalat hinggap pada makanan kita?

doktersehat-lalat

Laman Times of India menyebutkan bahwa lalat bisa saja hingga pada benda-benda yang jorok sebelumnya seperti kotoran, daging mentah, dan berbagai benda lainnya sehingga membawa virus dan bakteri. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa seekor lalat bisa membawa setidaknya 100 patogen, organisme mikro yang bisa memicu datangnya penyakit.

Tak hanya membawa berbagai patogen penyebab penyakit pada tubuh atau kakinya, lalat ternyata juga muntah pada makanan yang kita konsumsi. Tujuan dari hal ini adalah agar makanan kita menjadi lebih lunak dan bisa dikonsumsi lalat. Yang menjadi masalah adalah, muntahan lalat ini sangatlah menjijikkan dan kaya akan bakteri penyebab penyakit dengan jumlah yang lebih banyak dari yang ada pada kakinya.

Beberapa jenis kuman yang bisa ditemukan pada makanan yang sudah dihinggapi lalat adalah salmonella, hepatitis A, hingga rotavirus. Tak hanya itu, bakteri shigella yang bisa memicu diare, demam, atau sakit perut juga bisa ditemukan pada makanan tersebut.

Melihat adanya fakta mengerikan ini, pastikan untuk selalu menutup makanan dengan tudung saji atau disimpan di lemari makanan agar tidak mudah dihinggapi lalat yang membawa kuman penyebab penyakit. Selain itu, pastikan untuk berkonsentrasi saat makan dan tidak teralihkan oleh gadget atau televisi agar kita bisa segera mengusir lalat yang ingin hinggap pada makanan pada piring kita.