Ini yang Terjadi Jika Kita Tidur Tanpa Memakai Bantal

doktersehat-seks-wanita-tidur
Photo Credit: Porsche Brosseau

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang memilih untuk tidur dengan memakai bantal. Namun, ada pula orang yang mengaku merasa lebih nyaman untuk tidur tanpa memakai bantal. Sebenarnya, dari sisi medis, mana yang lebih baik, tidur dengan bantal atau tidak?

Dilansir dari Boldsky, pakar kesehatan menyebutkan bahwa tidur tanpa menggunakan bantal ternyata bisa memberikan keuntungan bagi kesehatan. Dengan melakukannya, maka tulang punggung akan meregang dengan rileks sehingga membuat tubuh akan benar-benar beristirahat dengan posisi natural. Hal ini tentu akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Jika kita tidur dengan memakai bantal, meskipun bantal tersebut sangatlah empuk, hal ini tetap saja bisa membuat otot leher menegang atau menurunkan aliran darah ke kepala. Bahkan, pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa penggunaan bantal bisa menurunkan aliran udara pada sistem pernapasan sehingga saat bangun pagi kita akan mengalami sensasi sakit kepala.

Jika kita memakai bantal yang tinggi, maka posisi tulang leher dan tulang belakang akan menjadi tidak nyaman dan hal ini bisa memicu masalah sakit punggung kronis dalam jangka panjang.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tanpa memakai bantal, maka kita bisa mencegah datangnya masalah sakit punggung dengan signifikan. Tulang punggung benar-benar berada dalam kondisi yang rileks saat beristirahat.

Tak hanya kurang baik bagi kesehatan punggung, tidur memakai bantal juga kurang baik bagi kesehatan kulit wajah. Hal ini disebabkan oleh kurang lancarnya sirkulasi darah menuju kepala dan wajah.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidur dengan tidak memakai bantal. Saran ini diperkuat dengan banyaknya hasil penelitian yang menyebutkan bahwa tidak memakai bantal lebih baik bagi kesehatan tubuh. Meskipun pada awalnya memang tidak terbiasa, lama-kelamaan tubuh akan terasa lebih nyaman jika kita tidur tanpa menggunakan bantal.