Ini Yang Terjadi Jika Kita Tidak Pernah Mengganti Sarung Bantal

DokterSehat.Com – Tempat tidur adalah tempat yang paling nyaman untuk dipakai untuk beristirahat dan bersantai. Karena terasa nyaman, kita seringkali akan terbiasa untuk tidak mengganti sprei kasur atau bahkan sarung bantal meskipun sudah berbau pengap hanya karena malas. Padahal, ada banyak sekali resiko kesehatan yang akan didapatkan jika kita tidak pernah mengganti sarung bantal. Berikut adalah diantaranya.

doktersehat-sinus-sinusitis-tht-hidung

Bantal adalah tempat dimana kita meletakkan kepala saat kita tidur. Yang menjadi masalah adalah, kita tidak selalu membersihkan rambut setiap hari sehingga rambut pun bisa membawa berbagai kuman, bakteri, atau bahkan kotoran yang berasal dari berbagai tempat kita melakukan aktifitas. Selain itu, rambut dan kulit kepala juga bisa menjadi sarang dari berbagai minyak atau bahkan sel kulit mati dari wajah sehingga bantal pun bisa menyerap berbagai kotoran dan masalah tersebut yang tentu saja akan membuat bantal menjadi tidak lagi bersih.

Tahukah anda, pakar kesehatan mengkonfirmasikan jika setidaknya lebih dari dua pertiga orang tidak mengganti sarung bantalnya secara rutin sehingga membuat bantalnya menjadi tidak bersih dan pada akhirnya bisa memicu alergi atau bahkan menjadi sarang dari tungau debu. Alergi yang disebabkan oleh bantal yang tidak bersih bisa membuat penggunanya bersin-bersin atau bahkan mengalami gatal-gatal. Kondisi ini tentu bisa memicu masalah susah tidur jika tetap dibiarkan berlarut-larut sehingga bisa memicu lebih banyak masalah kesehatan yang jauh lebih serius.

Dengan adanya beberapa resiko kesehatan tersebut, ada baiknya kita tentu harus mengganti sarung bantal dengan lebih sering. Pakar kesehatan sendiri berkata jika sarung bantal diganti setidaknya tiga minggu sekali atau jika sudah terasa bau tidak enak. Selain itu, ada baiknya kita juga rajin-rajin membersihkan dan menjemur kasur, guling, hingga bantal karena diyakini bisa membuat berbagai kotoran, kuman dan bakteri menghilang. Jika bantal sudah terlalu kempis atau tidak lagi nyaman untuk digunakan. Segera ganti bantal yang sudah tidak baik agar anda tidak mengalami masalah pada leher, alergi, serta masalah gatal-gatal karena bantal yang sudah tidak lagi bersih.