Ini Yang Terjadi Jika Kita Terlambat Makan Malam

DokterSehat.Com – Kadangkala kita memiliki beragam aktifitas atau kesibukan sehingga membuat kita baru mendapatkan makan malam pada jam yang sangat larut, layaknya jam 8 atau jam 9 malam. Meskipun bisa mengobati rasa lapar yang seringkali sudah muncul semenjak sore, konsumsi makanan pada jam-jam tersebut akan membuat perut terasa penuh saat kita beranjak tidur. Hal ini diyakini bisa memberikan dampak buruk berupa masalah kenaikan berat badan hingga tekanan pada paru-paru dan jantung. Beberapa orang bahkan mengaku jika mereka sulit bernafas akibat makan terlalu mepet sebelum waktu tidur.

doktersehat-buah-sayur

Dr P Vijaya Krishnan, seorang pakar kesehatan yang meneliti soal tidur dan jam makan malam, menyebutkan jika seseorang mengkonsumsi makan malam pada jam 05:30 hingga 06:00 sore akan cenderung membuat tubuh terlindungi dari masalah obesitas. Bahkan, tidur pun akan cenderung jauh lebih nyenyak dan berkualitas sehingga saat terbangun nantinya, tubuh pun akan terasa jauh lebih segar dan nyaman. Sebagaimana sebagian besar pakar kesehatan lainnya, dr Krishnan menunjukkan fakta jika waktu makan terbaik adalah sekitar dua hingga tiga jam sebelum tidur sebagai pencegahan penyakit berbahaya.

Selain konsumsi makanan, kita juga bisa memperhatikan cara untuk mendapatkan tidur yang lebih nyaman. Alih-alih mengkonsumsi camilan yang jelas tidak sehat, cobalah untuk melakukan sedikit olahraga ringan atau membaca buku yang bisa membuat hormon endorfin terlepas dalam tubuh. Hormon ini ditengarai mampu membuat rasa nyenak dan nyaman sehingga tidur pun akan jauh lebih berkualitas. Hanya saja, ada baiknya kita juga menyingkirkan gadget layaknya ponsel, televisi, laptop, hingga beberapa camilan lain sebelum beranjak tidur untuk mendapatkan tidur berkualitas di malam hari dan dikala pagi pun mendapatkan energi yang cukup untuk beraktifitas.