Ini yang Terjadi Jika Kita Malas Mandi Hingga Dua Hari

DokterSehat.Com – Belakangan ini, di beberapa daerah kerap terjadi hujan dalam waktu yang lama. Hal ini tentu akan membuat suhu udara menjadi lebih dingin. Banyak orang yang menyalahkan suhu udara yang lebih dingin ini sebagai alasan untuk malas mandi. Beberapa diantaranya bahkan bisa melewatkan dua hari tanpa mandi. Padahal, sebagaimana kita ketahui, mandi adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan badan dari kotoran dan bakteri yang menempel pada tubuh. Lantas, apa yang terjadi andai kita tidak mandi hingga dua hari?

doktersehat-wanita-keramas-mandi-setelah-olahraga-berbahaya

Pakar kesehatan menyebutkan jika andai kita malas untuk mandi selama dua hari, maka tubuh akan menjadi tempat dimana kuman dan bakteri berkembang biak dengan pesat. Alhasil, kita pun akan lebih mudah terkena penyakit atau bahkan berbagai virus yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh melemah.

Tahukah anda, dalam dua hari saja, kita bisa meningkatkan pertumbuhan hingga lebih dari seribu jenis bakteri pada tubuh dan 40 jenis jamur pada kulit. Pakar kesehatan menyebutkan jika keringat yang keluar dari kulit namun tidak segera dibersihkan dengan mandi akan menjadi tempat yang ideal bagi para bakteri untuk berkembang biak dengan pesat. Alhasil, tak hanya masalah kesehatan kulit layaknya gatal-gatal yang akan muncul, bau badan juga akan menjadi semakin menyengat. Andai setelah kita menggaruk bagian kulit yang gatal kemudian kita menggaruk mata atau hidung, maka area mata juga akan beresiko terkena paparan kuman yang bisa memicu iritasi. Sementara itu, bakteri juga bisa berpindah ke lubang hidung dan membuat kita jatuh sakit. Hal yang sama akan berlaku andai kita mengusap tubuh yang sudah penuh dengan bakteri dan kuman dan tanpa mencuci tangan, kita langsung menyentuh makanan. Kita pun akan dengan mudah dimasuki bakteri dan kuman penyebab penyakit, khususnya penyakit saluran pencernaan.

Baca Juga:  Pewarna Rambut Bisa Memicu Kanker

Dengan adanya resiko untuk jatuh sakit atau terkena berbagai masalah kesehatan, anda yakin masih malas untuk mandi?