Ini yang Terjadi Jika Kita Bersepeda Setiap Hari

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang kini memilih untuk bersepeda setiap hari, khususnya untuk menuju tempat kerjanya. Tak hanya sebagai cara untuk menurunkan polusi udara, pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini bisa membantu menyehatkan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan jika bersepeda setiap hari.

doktersehat-bersepeda-pemanasan

Menurunkan berat badan
Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa mereka yang rajin bersepeda setiap hari akan menurunkan berat badannya dengan signifikan. Bahkan, penurunan jumlah lemak dalam tubuhnya hampir setara dengan mereka yang melakukan olahraga di pusat kebugaran setiap hari. Dalam 6 bulan, mereka yang nge-gym cenderung menurunkan berat badan 4,5 kg. Sementara itu, mereka yang rajin bersepeda mampu menurunkan 4,2 kg. Hal ini berarti, bersepeda bisa menjadi pilihan olahraga yang murah namun efektif untuk mengendalikan berat badan.

Mengendalikan tekanan darah
Dengan rutin bersepeda selama 30 menit setiap hari, maka kita pun akan mengendalikan tekanan darah tetap dalam kondisi normal. Hal ini tentu akan menyehatkan organ kardiovaskular seperti jantung atau pembuluh darah. Mereka yang mengidap hipertensi juga sangat direkomendasikan untuk melakukan olahraga ini secara rutin demi menjaga kondisi kesehatannya.

Mencegah penyakit jantung
Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa rutin bersepeeda minimal 30 menit setiap hari akan mencegah datangnya penyakit jantung.

Mengendalikan diabetes
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mereka yang memiliki diabetes sebaiknya rutin melakukan olahraga bersepeda setidaknya 30 menit setiap hari demi mengontrol penyakitnya agar tidak memicu datangnya komplikasi yang berbahaya dan mematikan.

Melihat besarnya manfaat bersepeda yang bisa kita dapatkan, ada baiknya memang kita rutin melakukannya. Toh bersepeda sangat menyenangkan untuk dilakukan dan bisa dilakukan di mana saja, kan?