Ini yang Terjadi Jika Kita Berolahraga Sambil Mendengarkan Musik

DokterSehat.Com – Demi mengatasi rasa bosan, kini semakin banyak orang yang memilih untuk berolahraga sambil mendengarkan musik. Cukup hanya dengan menempatkan gadget di saku atau wadah khusus, kita tinggal menyambungkannya dengan earphone untuk mendengarkan musik sambil melakukan olahraga layaknya berjalan kaki, berlari, bersepeda, dan lain sebagainya. Meskipun sepertinya hanya akan menghilangkan rasa bosan, pakar kesehatan menyebutkan jika ada efek luar biasa yang bisa kita dapatkan jika berolahraga sambil mendengarkan musik. Apa sajakah efek tersebut?

doktersehat-lari-jogging-olahraga

Mood berolahraga meningkat
Banyak orang yang malas-malasan dan cenderung terpaksa untuk berolahraga. Dengan melakukannya sembari mendengarkan musik yang bersemangat atau yang kita sukai, maka kita pun akan menjadi lebih bersemangat untuk melakukannya.

Tubuh akan menyesuaikan ritme olahraga dengan lebih baik
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mendengarkan musik yang sesuai dengan ritme olahraga. Sebagai contoh, saat berlari, pilihlah lagu yang bersemangat dengan beat yang cepat. Hal ini ternyata bisa membuat tubuh mengikuti ritme musik tersebut dan berlari dengan lebih baik.

Membuat performa olahraga maksimal
Dengan semangat yang meningkat karena mendengarkan musik, maka performa olahraga kita pun bisa meningkat. Alhasil, tubuh akan mendapatkan manfaat olahraga dengan maksimal dan terasa lebih bugar.

Pikiran lebih tenang dan terbebas dari stress
Beberapa jenis olahraga layaknya yoga haruslah dilakukan dengan konsentrasi yang tinggi. Agar bisa mendapatkan konsentrasi tersebut, kita bisa mendengarkan musik yang damai dan menenangkan. Tak hanya membuat pikiran lebih tenang dan terbebas dari stress, otot-otot tubuh akan menjadi lebih rileks sehingga gerakan olahraga pun bisa dilakukan dengan lebih baik.

Meskipun memiliki banyak sekali manfaat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak sembarangan mendengarkan musik saat berolahraga, khususnya jika kita melakukan olahraga ini di jalan. Jika kita memasang volume musik terlalu keras, bisa jadi kita tidak memperhatikan kondisi lalu lintas atau jalan sehingga lebih beresiko mengalami kecelakaan.