Ini yang Terjadi Jika Kita Berkeramas Setiap Hari

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang ternyata memilih untuk berkeramas setiap hari. Biasanya, mereka yang melakukannya adalah orang-orang yang bekerja di tempat yang kotor sehingga selalu merasa rambutnya terasa sangat kotor dan tidak nyaman setelah bekerja. Meskipun memang bisa membuat rambut menjadi lebih bersih, berkeramas setiap hari bisa membuat kita mengalami berbagai hal ini.

doktersehat-wanita-keramas-mandi-setelah-olahraga-berbahaya

Rambut rontok
Terlalu sering berkeramas akan membuat rambut dan kulit kepala terpapar bahan pengawet layaknya paraben dan formaldehida yang bsia ditemukan pada shampoo dan akhirnya mengalami masalah rambut rontok.

Kulit kepala gatal-gatal
Terlalu sering mencuci rambut akan membuat pH kulit kepala tidak seimbang sehingga akhirnya membuatnya menjadi gatal-gatal. Hal ini tentu akan sangat mengganggu dan tidak nyaman, bukan?

Menyebabkan ketombe
Tak hanya membuat kulit kepala menjadi gatal-gatal, kerap berkeramas juga akan membuat kita rentan terkena ketombe. Hal ini disebabkan oleh kulit kepala yang menjadi lebih mudah rusak dan akhirnya mati dan berubah menjadi ketombe.

Menyebabkan masalah rambut bercabang
Mencuci rambut setiap hari akan menurunkan jumlah minyak alami pada rambut dengan signifikan. Hal ini akan berimbas pada rambut yang semakin kering dan bercabang. Alhasil, penampilan rambut kita pun menjadi semakin kusut dan kehilangan kecantikannya.

Menyebabkan kanker
Meskipun jarang terjadi, paparan bahan kimia yang terlalu sering pada kulit kepala dan rambut diduga bisa memicu datangnya kanker.

Ada baiknya memang kita berkeramas dua hingga tiga kali dalam seminggu saja, bukannya setiap hari karena bisa membuat kita kerap terpapar bahan kimia dari shampoo. Jika kita kerap berada di tempat yang tidak bersih dan khawatir rambut menjadi kotor, berilah perlindungan pada rambut dengan cara memakai hair cap atau topi yang tentu akan membuatnya tetap bersih.