Ini yang Perlu Kita Lakukan Untuk Mencegah Kanker Paru-Paru

DokterSehat.Com – Mengingat tingginya jumlah perokok di Indonesia, maka cukup banyak pula orang yang beresiko tinggi terkena kanker paru-paru di tanah air. Yang menjadi masalah adalah, 85 persen kematian yang disebabkan oleh kanker paru-paru ternyata disebabkan oleh kebiasaan merokok. Padahal, tak hanya para perokok yang aktif, mereka yang menjadi perokok pasif juga beresiko tinggi terkena masalah kesehatan ini.

doktersehat-konsultasi-paru-doter-kanker-rokok-nyeri-dada-Pneumonia-Atipik

Melihat tingginya kaitan antara merokok dan juga resiko kanker paru-paru, maka cara pertama yang harus kita lakukan untuk mencegah penyakit mematikan ini adalah dengan menghindari rokok. Jika kita sudah terlanjur merokok, maka kita pun harus menghentikan kebiasaan buruk ini. Selain itu, ada beberapa cara lain untuk mencegah kanker paru-paru seperti sebagai berikut.

Mengkonsumsi buah pepaya
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa pepaya ternyata kaya akan kandungan karotenoid, kandungan yang diyakini mampu melindungi tubuh dari berbagai efek buruk asap rokok. Tak hanya pepaya, kita juga bisa mengkonsumsi jeruk, buah persik, paprika merah, dan juga wortel yang bisa memberikan efek perlindungan yang sama.

Mengkonsumsi sayuran hijau
Beberapa jenis sayuran hijau layaknya brokoli ternyata kaya akan kandungan sulforaphane, semacam senyawa yang mampu mencegah kanker dengan efektif. Selain itu, bayam, kangkung, dan berbagai kacang-kacangan ternyata kaya akan kandungan asam folat yang juga mampu menurunkan resiko terkena kanker paru-paru dengan signifikan.

Menurunkan asupan daging
Konsumsi daging merah ternyata juga mampu meningkatkan resiko terkena kanker. Demi mencegah kanker paru-paru, ada baiknya kita mulai menurunkan asupan daging merah ini setiap hari.

Mengkonsumsi ikan salmon
Beberapa ikan laut yang kaya akan asupan asam lemak omega 3 layaknya ikan salmon, ikan mackerel, dan juga ikan sarden ternyata sebaiknya kerap dikonsumsi oleh para perokok atau mantan perokok karena bisa membuat mereka menurunkan resiko terkena kanker paru-paru.