Ini Yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil yang Masih Ingin Tetap Bekerja

DokterSehat.Com – Bukanlah hal yang aneh untuk melihat ibu hamil tetap aktif untuk bekerja. Dalam realitanya, kehamilan memang bukanlah halangan bagi wanita untuk tetap aktif dan berkarya. Hanya saja, ibu hamil tentu harus lebih baik dalam memperhatikan kondisi kesehatannya agar perkembangan kehamilan pun tetap terjaga dibalik padatnya aktifitas. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil yang masih tetap ingin bekerja.

doktersehat-hamil-minum-kopi

Pakar kesehatan spesialis kebidanan dr. Boy Abidin, SpOG(K) yang berasal dari RS Mitra Kelapa Gading menyarankan ibu hamil yang masih tetap ingin bekerja untuk memperhatikan kenyamanan tubuhnya saat bekerja. Selain itu, pastikan pula agar mereka tidak mengalami stress.

Tekanan pekerjaan yang tinggi, apalagi dengan deadline yang ketat, tentu akan membuat ibu hamil mudah stress. Padahal, stress bisa memicu produksi hormon yang tidak sehat pada tubuh dan hal ini bisa mempengaruhi kesehatan dan juga perkembangan sang buah hati. Tak hanya itu, meskipun ibu hamil bekerja dengan posisi duduk seharian, pastikan untuk selalu mendapatkan postur tubuh yang nyaman. Selain itu, sempatkanlah untuk berjalan sebentar atau menikmati suasana di taman luar tempat kerja demi menjaga pikiran dan tubuh tetap fresh.

Ibu hamil yang tetap bekerja sebaiknya juga tidur dengan waktu yang cukup setiap malamnya, yakni sekitar 6 hingga 8 jam. Selain itu, pastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gizi yang seimbang dengan memenuhi asupan karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein. Ibu hamil juga sebaiknya mengkonsumsi susu demi membantu perkembangan janin.

Meskipun cukup aktif, ibu hamil juga harus tetap rutin melakukan olahraga ringan layaknya jalan-jalan pagi agar bisa menikmati sinar matahari yang menyediakan vitamin D sekaligus membuat mereka lebih baik dalam meredakan stress.