Ini Waktu Terbaik Untuk Berolahraga Jika Ingin Berat Badan Cepat Turun

DokterSehat.Com– Jika anda ingin segera menurunkan berat badan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjaga pola makan dengan kadar gizi yang seimbang dan melakukan olahraga dengan rutin. Sebuah pertanyaan pun muncul; apakah ada waktu yang paling tepat untuk berolahraga agar berat badan bisa cepat turun?

doktersehat-olahraga-jogging-lari-exercise-malam-hari

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 oleh Gonzales, disebutkan bahwa olahraga di pagi hari jauh lebih efektif untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan waktu lainnya seperti sore atau malam hari. Bahkan, Gonzales menyebutkan bahwa melakukan olahraga pagi sebelum mengkonsumsi sarapan akan membakar lemak 20 persen lebih banyak.

Dengan melakukan olahraga sebelum sarapan, maka tubuh akan mengeluarkan cadangan energi yang berupa tumpukan lemak yang banyak berada di perut, paha, dan tempat lainnya, bukannya membakar makanan yang baru saja kita konsumsi. Hal ini ternyata bisa memicu peningkatan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori yang lebih banyak. Hormon insulin yang diproduksi tubuh juga akan menjadi lebih sensitif dalam menyerap nutrisi makanan yang kita konsumsi serta mengirimkannya ke otot dan hati dengan lebih efektif. Alhasil, kita pun akan tidak mudah merasa lapar atau lemas seharian dan lebih mudah menjaga pola makan agar tidak berlebihan.

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa mereka yang melakukan olahraga di bawah sinar matahari selama 2 jam cenderung lebih baik dalam menjaga berat badannya secara ideal dibandingkan dengan mereka yang melakukannya namun tidak mendapatkan cahaya matahari. Hanya saja, jika anda memang tidak memiliki waktu untuk berolahraga di pagi hari karena berbagai kesibukan, berolahraga di waktu lain seperti sore atau malam hari juga sudah cukup untuk membantu proses penurunan berat badan.