Ini Waktu Paling Tepat Untuk Mengkonsumsi Buah-Buahan

DokterSehat.Com – Salah satu makanan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh adalah buah. Di dalam buah, kita bisa menemukan berbagai nutrisi yang akan membantu tubuh kita tidak mudah terkena penyakit. Saat mengkonsumsinya, kita tentu harus memperhatikan kesegaran buahnya terlebih dahulu. Selain itu, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk memilih waktu yang tepat saat mengkonsumsi buah-buahan.



Pakar kesehatan gizi dari Mumbai bernama Deepshika Agarwal memberikan tips unik dalam mengkonsumsi buah-buahan. Menurut beliau, dengan mengkonsumsi buah yang tepat di waktu yang tepat, maka tubuh akan semakin bugar dan sehat. Berikut adalah tips mengkonsumsi buah dari beliau.

Pagi hari sebaiknya mengkonsumsi buah yang kaya energi
Masih banyak orang yang tidak terbiasa mengkonsumsi buah-buahan di pagi hari. Padahal, sarapan dengan buah bisa memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Di saat inilah perut berada dalam kondisi kosong sehingga berbagai nutrisi dari buah akan diserap secara maksimal oleh saluran pencernaan. Agarwal menyarankan kita untuk mengkonsumsi buah yang tinggi energi layaknya apel, pisang, pir, dan melon di pagi hari agar kita juga bisa mendapatkan tambahan tenaga saat beraktifitas.

Sebelum makan siang
Diantara pukul 9 hingga 11 pagi atau yang kerap disebut sebagai brunch time ini, Agarwal menyarankan kita untuk mengkonsumsi jeruk dan mangga.

Sore hari sebaiknya mengkonsumsi buah yang kaya kandungan air
Saat sore hari, tingkat metabolisme tubuh cenderung semakin menurun sehingga kemampuan membakar kalori juga ikut terpengaruh. Ada baiknya kita menghindari buah yang kaya kalori layaknya mangga di sore dan malam hari. Konsumsilah buah-buahan segar yang kaya kandungan air layaknya semangka, jeruk, stroberi, dan juga ceri.

Malam hari sebaiknya mengkonsumsi buah rendah kalori
Buah-buahan layaknya semangka, jeruk, dan ceri masih bisa dikonsumsi saat malam hari mengingat buah-buahan ini tidak memiliki kandungan kalori yang tinggi. Selain itu, buah-buahan tersebut bisa membantu proses detoksifikasi tubuh menjadi lebih maksimal,