Ini Waktu Olahraga yang Dibutuhkan Andai Kita Mengkonsumsi Junk Food

DokterSehat.Com – Meskipun hampir semua lapisan masyarakat sudah mengetahui betapa tingginya kadar kalori makanan junk food, tetap saja makanan yang tidak sehat ini diminati oleh banyak orang. Banyak orang yang bahkan kecanduan mengkonsumsi junk food sehingga mereka pun beresiko tinggi mengalami masalah kesehatan layaknya kenaikan berat badan hingga berlebihan, diabetes, atau bahkan gangguan pada organ-organ kardiovaskular. Tingginya kadar kalori yang muncul andai kita mengkonsumsi junk food tentu harus kita imbangi dengan olahraga andai kita tidak ingin terkena penyakit-penyakit tersebut. Namun, sebenarnya ada berapa banyak waktu olahraga yang kita butuhkan andai kita mengkonsumsi makanan-makanan tersebut?

doktersehat-olahraga-senam

Fried Chicken
Fried chicken atau ayam goreng tepung sangat digemari banyak orang karena terasa sangat nikmat, apalagi saat kita menggigit bagian luarnya yang cenderung crispy. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, kandungan kalori dari fried chicken ini sangatlah tinggi dimana dalam 3 potong saja, kita bisa mengkonsumsi 726 kalori atau sekitar sepertiga dari kebutuhan kalori wanita dalam sehari. Untuk mengimbanginya, kita bisa melakukan olahraga kardio selama 1 jam 15 menit atau angkat beban selama 1 jam 41 menit. Bagi kaum pria, olahraga kardio selama 1 jam 3 menit dan angkat beban 1 jam 24 menit sangatlah direkomendasikan setelah mengkonsumsi makanan ini.

Burger
Burger berukuran besar ternyata memiliki 490 kalori. Andai seorang pria mengkonsumsinya, maka Ia akan membutuhkan olahraga kardio selama 42 menit untuk membakar kalorinya. Wanita sendiri akan membutuhkan olahraga kardio selama 51 menit. Sementara itu, andai kita melakukan olahraga angkat beban, maka pria akan membutuhkan waktu 57 menit dan wanita perlu melakukannya selama 68 menit.

Pizza kecil
Meskipun kecil, dalam sepotong pizza kita bisa menemukan 966 kalori. Andai kita ingin membakar kalori tersebut, kita bisa melakukan olahraga lari selama 1 jam 20 menit, berenang selama 1 jam 50 menit, berjalan kaki selama 3 jam 40 menit, dan yoga selama 2 jam 50 menit.

Baca Juga:  Suka Makan Junk Food Sejak Remaja? Awas Terkena Batu Empedu

Minuman bersoda
Satu kaleng minuman bersoda bisa memiliki 139 kalori yang bisa dibakar dengan olahraga kardio selama 12 menit bagi pria atau 14 menit bagi wanita. Jumlah kalori yang sama juga bisa dibakar dengan olahraga angkat beban selama 16 menit bagi pria dan 19 menit bagi wanita.