Ini Tandanya Jika Vagina Terkena Infeksi

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika sebenarnya struktur alami dari organ vital wanita sudah memiliki bakteri baik yang bisa menjadi pelindung area vagina secara keseluruhan dari berbagai masalah kesehatan. Sayangnya, banyak wanita yang kurang baik dalam menjaga kesehatan organ vitalnya sehingga bukannya bakteri baik yang banyak terdapat pada area vaginanya, namun yang terjadi justru terlalu banyak bakteri jahat yang bisa memicu infeksi. Padahal, infeksi bakteri yang terjadi pada organ vital wanita bisa berimbas sangat buruk karena bisa menyerang leher Rahim, saluran telur, atau bahkan hingga ke area panggul.

doktersehat-wanita-vagina-celana-dalam-Herpes-Genital-infeksi-menular-seksual

Pakar kesehatan wanita, dr. Liva Wijaya, menyebutkan jika infeksi yang terjadi pada organ vital wanita, khususnya yang terjadi hingga panggul biasanya membutuhkan proses yang cukup lama dan berulang-ulang terjadi. Sayangnya, banyak wanita yang tidak menyadari akan tanda-tanda dari gejala infeksi ini hingga pada akhirnya baru melaporkan kondisinya ke dokter saat infeksi sudah dalam kondisi yang cukup parah. Sebenarnya, apa sajakah tanda-tanda dari infeksi yang terjadi pada vagina?

Dr. Wijaya menyebutkan jika infeksi yang terjadi pada organ vitalnya bisa ditandai dengan munculnya cairan vagina yang mengeluarkan bau menyengat, rasa gatal-gatal berlebihan pada vagina, hingga munculnya ruam-ruam kemerahan dan kelembaban berlebihan pada area vagina. Selain itu, wanita juga bisa mengalami keputihan yang memiliki warna cenderung kekuningan atau disertai dengan adanya darah. Jika tanda-tanda infeksi ini tidak disadari oleh wanita, maka dikhawatirkan infeksi bakteri bisa mencapai bagian dalam organ vital dan memicu rasa sakit luar biasa pada perut bagian bawah. Selain itu, saat dicek, akan muncul semacam kista yang ternyata sebenarnya berisi nanah yang tentu harus ditangani dengan baik.

Baca Juga:  Masalah pada Kehamilan dan Solusinya - Ambeien, Varises pada Kaki, dan Keram Kaki

Kaum hawa sebaiknya mulai mengenal tanda-tanda adanya infeksi bakteri dan segera memeriksakannya ke dokter andai menemukan tanda-tanda tersebut. Dengan pemeriksaan yang lebih dini, diharapkan pengobatan bisa dilakukan dengan lebih baik dan masalah infeksi tidak berlanjut menjadi hal yang lebih serius.