Ini Tandanya Jika Kita Sudah Mengkonsumsi Gula Secara Berlebihan

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika manusia modern mengkonsumsi gula setiap harinya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan manusia yang hidup di jaman dahulu. Memang, makanana yang mengandung kadar gula cukup tinggi sangatlah menggoda dan sangat nikmat untuk dikonsumsi. Sayangnya, jika kita termasuk sering mengkonsumsi makanan yang kaya akan kadar gula, tubuh pun beresiko mengalami masalah kesehatan dan beberapa jenis penyakit kronis. Sebenarnya, tubuh sendiri sudah memberikan tanda tertentu jika kita terlalu banyak mengkonsumsi gula sehingga bisa menjadi alarm bahaya bagi tubuh. Apa sajakah tanda-tanda tersebut?

doktersehat-gula-manis-cokelat-food-craving

Tahukah anda, andai kita mengkonsumsi gula dengan berlebihan, kita justru akan cenderung selalu menginginkan makanan yang terasa manis dan menganggap makanan lainnya akan terasa kurang nikmat. Pakar kesehatan dan penulis buku Brook Alpert menyebutkan jika karena kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis, lidah dengan sendirinya beradaptasi dan baru mendapatkan sensasi puas jika kita mengkonsumsi makanan manis saja. Alpert menyebutkan jika kecanduan gula bisa terjadi sangat parah dan bahkan melebihi kecanduan narkoba.

Konsumsi makanan gula dengan berlebihan tentu saja akan membuat kita mengalami kenaikan berat badan dengan signifkkan. Selain itu, ada resiko bahwa kita akan terkena masalah diabetes di kemudian hari. Karena banyak mengkonsumsi makanan manis, kandungan gula pun cenderung banyak menempel di sela-sela gigi dan menyebabkan gigi menjadi area ideal perkembangan bakteri yang menyebabkan masalah gigi berlubang.

Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi gula, kita bisa membuat suasana hati kita cenderung lebih buruk. Hal ini dikarenakan konsumsi gula berlebihan akan memicu peningkatan kadar gula dengan cepat, namun penurunan kadar gula juga akan cepat menurun sehingga kita kehabisan energi dan menjadi lebih lemas dan lebih murung. Selain itu, kita juga akan cenderung kesulitan untuk berkonsentrasi dan mudah mengalami masalah kulit layaknya kulit wajah berminyak, kusam dan berjerawat.