Ini Tandanya Jika Kita Mengalami Kelebihan Asupan Protein

DokterSehat.Com – Salah satu nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah protein. Dengan adanya protein ini, maka kita bisa mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan berbagai aktifitas sehari-hari. Sayangnya, terkadang kita mengkonsumsi protein dengan berlebihan karena memang banyak makanan berprotein yang memiliki rasa yang enak. Padahal, terlalu banyak mengkonsumsi protein dalam jangka panjang bisa meningkatkan resiko terkena diabetes, stroke, kanker, hingga penyakit jantung. Selain itu, kelebihan asupan protein juga bisa memberikan masalah kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-pantat-kentut

Menurunkan fokus
Salah satu tanda yang menunjukkan jika kita kelebihan asupan protein adalah menurunnya fokus, konsentrasi, dan membuat kita semakin lambat untuk berpikir. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kelebihan asupan protein ternyata bisa membuat sel-sel otak menjadi semakin lemah dan tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Membuat kentut berbau busuk
Makanan yang berprotein tinggi ternyata tidak bisa dicerna dengan sempurna sehingga bisa meningkatkan resiko asam lambung dan memproduksi gas yang berbau tidak enak. Gas inilah yang membuat kentut, keringat, hingga bau mulut menjadi lebih tidak enak.

Sembelit
Pakar kesehatan menyebutkan jika terlalu banyak mengkonsumsi protein bisa membuat kita lebih mudah terkena masalah sembelit. Jika hal ini terus terjadi, dikhawatirkan sistem pencernaan semakin bermasalah sehingga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Karena alasan inilah saat sembelit ada baiknya kita mengurangi asupan protein dan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

Terus merasa lapar
Mengkonsumsi protein dalam jumlah yang banyak ternyata bisa membuat kita cenderung terus merasa lapar. Selain itu, hal ini juga akan membuat tubuh mudah mengalami dehidrasi. Jika hal ini terus dibiarkan, dikhawatirkan kita akan mengkonsumsi makanan secara berlebihan sehingga meningkatkan resiko terkena obesitas.