Ini Tandanya Jika Kacamata Kita Perlu Diganti

DokterSehat.Com – Seiring dengan kemajuan teknologi, maka semakin banyak pula orang yang memakai kacamata. Kebiasaan menonton televisi, memakai gadget, atau bahkan bekerja seharian di kantor sambil menatap layar komputer ternyata juga bisa berimbas pada semakin banyaknya orang yang mengalami kerusakan penglihatan. Sayangnya, kadangkala kacamata juga tidak selalu menjadi jawaban akan gangguan penglihatan dan harus diganti setelah beberapa waktu. Sebenarnya, apa sajakah tanda dari kacamata yang sudah perlu diganti?

doktersehat-penglihatan-mata-kabur-miopi

Sakit kepala
Salah satu tanda dimana kacamata kita sepertinya perlu untuk diganti adalah jika kita mengalami sakit kepala saat membaca, menatap layar gadget, hingga mencoba untuk melihat benda-benda yang cukup jauh. Hal ini dikarenakan mata harus menjadi lebih tegang untuk memfokuskan penglihatan. Jika hal ini cukup sering terjadi, ada baiknya kita periksakan kembali kondisi kesehatan mata kita dan berkonsultasi pada dokter tentang apakah kita perlu mengganti kacamata atau tidak.

Mata terasa nyeri
Layaknya lensa kamera, mata memiliki kemampuan untuk menyesuaikan fokus pada beberapa jenis obyek pada jarak yang berbeda-beda. Sebagai contoh, kita bisa saja memindahkan fokus dari ponsel ke tempat yang cukup jauh saat kita sedang mencari alamat. Jika kita mulai merasakan nyeri saat mata kita melakukan penyesuaian fokus ini, bisa jadi kacamata kita memang sudah tidak tepat bagi masalah penglihatan sehingga harus segera diganti.

Mengubah setingan layar komputer
Layar komputer terasa lebih buram dari sebelumnya meskipun kita sudah memakai kacamata? Jangan salahkan layar komputer anda terlebih dahulu, bisa jadi memang kacamata kita memang sudah tidak sesuai dengan kondisi kesehatan mata dan perlu diganti.

Menyipitkan mata
Salah satu cara untuk melihat obyek menjadi lebih jelas adalah dengan menyiptitkan mata kita. Namun, andai kita melakukannya meskipun sudah memakai kacamata, bisa jadi ini adalah tanda jika kacamata sudah tidak berfungsi dengan baik dan perlu segera diganti.