Ini Tandanya Jika Anak Mulai Ingin Belajar Berjalan

DokterSehat.Com – Salah satu fase yang ditunggu-tunggu oleh orang tua yang memiliki bayi adalah saat bayi mulai ingin belajar berjalan. Sebagaimana diketahui, bayi memang akan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat setelah dilahirkan. Tak hanya mengalami kenaikan berat dan tinggi badan, bayi juga akan cenderung lebih aktif dan lambat laun akan segera ingin belajar berjalan. Bagi orang tua yang baru pertama kali memiliki anak, berikut adalah beberapa tanda anak ingin segera berjalan agar kita bisa segera mengajarinya di waktu yang tepat.

doktersehat-anak-berlatih-berjalan-berdiri

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa anak akan segera belajar berjalan saat usianya mencapai 1 tahun. Namun, sebenarnya, ada anak yang sudah mulai belajar berjalan saat usianya baru 9 bulan atau saat sudah mencapai 18 bulan. Hal ini berarti, jika anak sudah mencapai satu tahun namun terlihat belum bisa berdiri atau mau berjalan, ibu tidak perlu khawatir karena hal ini ternyata bukan sesuatu yang berbahaya.

Sebelum mulai berdiri, anak biasanya akan mulai mampu berguling-guling dengan cepat dan mulai merangkak. Setelahnya, anak pun akan berusaha untuk menggeser tubuhnya ke berbagai tempat yang ingin mereka tuju. Jika tubuhnya sudah cukup kuat, Ia pun akan berusaha untuk memanjat ke berbagai benda yang tinggi layaknya meja televisi, kursi, atau bahkan tembok. Dengan bergerak dan mulai memanjat, maka bayi sebenarnya sudah berusaha untuk menggunakan kaki, lutut, tubuh, dan lengannya dengan baik untuk berpindah. Saat inilah ada baiknya kita mulai mengajari atau membimbing anak agar bisa berjalan dengan lancar.

Hanya saja, dalam beberapa kasus, ada anak yang tidak melalui fase merangkak terlebih dahulu namun justru langsung berdiri dan berjalan. Hal ini tentu harus dicermati oleh orang tua agar mereka bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga:  Waspada Jika Anak Menunjukkan Gejala-Gejala Kesehatan Ini

Bagi beberapa anak yang cenderung terlambat untuk mulai berjalan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa orang tua tidak perlu khawatir berlebihan mengingat anak memiliki masanya sendiri-sendiri untuk mulai berdiri dan berjalan. Hanya saja, andai hingga usia 2 tahun sang anak tidak kunjung mau belajar berjalan, barulah orang tua sebaiknya segera memeriksakan kondisi ini ke dokter.