Ini Tanda Pria yang Memiliki Hormon Testosteron yang Rendah

DokterSehat.Com – Salah satu hormon yang paling penting bagi tubuh kaum pria adalah hormon testosteron. Adanya hormon ini membuat pria bisa membentuk sisi maskulinnya baik itu berupa otot-otot, suara yang lebih berat, hingga munculnya janggut atau kumis. Selain itu, hormon testosteron juga berperan besar pada kehidupan seksualitas pria. Tak hanya mempengaruhi produksi sperma, hormon ini juga mempengaruhi tingkat libido dan gairah pria.

doktersehat-kesuburan-pria-paracetamol-viagra-overdosis

Meskipun biasanya berjumlah cukup banyak pada tubuh pria, dalam realitanya ada sebagian pria yang kekurangan hormon testosteron ini. Penyebab dari rendahnya hormon testosteron ini juga sangat bermacam-macam; dari adanya stress, obesitas, kecelakaan, hingga pengaruh obat-obatan tertentu. Apa dampak dari rendahnya hormon testosteron pada tubuh pria?

Susah tidur
Pakar kesehatan menyebutkan jika tanpa adanya hormon testosterone yang cukup, maka pria akan kesulitan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak sehingga akan terbangun dengan rasa lelah dan tidak fit. Sebagian pria yang berusia lebih dari 35 tahun mengalami kondisi ini.

Tidak mengalami ereksi di pagi hari
Tak hanya disebabkan oleh keinginan untuk buang air kecil, ereksi di pagi hari atau saat bangun tidur pada pria juga bisa dipengaruhi oleh adanya hormon testosteron. Rendahnya hormon testosteron pada pria akan membuat mereka tidak mengalami ereksi di pagi hari.

Rambut rontok
Sebagian pria yang mengalami masalah kerontokan, baik itu di rambut kepala, kumis, hingga jenggot, ternyata disebabkan oleh rendahnya kadar homon testosteron di dalam tubuhnya.

Perut yang membuncit
Pakar kesehatan menyebutkan jika rendahnya hormon testosteron bisa menurunkan massa otot dan memicu masalah perut buncit.

Mudah marah
Pria yang memiliki hormon testosteron yang kurang ternyata cenderung mudah marah, terkena depresi, lelah, frustrasi, hingga kekurangan motivasi.