Ini Tanda Dietmu Hanya Fiksi Belaka

doktersehat-disorder-kelainan-makan-diet
pic credit: daniellehelm

DokterSehat.Com– Anda beranggapan hanya film yang bisa berjenis fiksi? Jangan salah, diet juga bisa menjadi diet jenis fiksi, utamanya diet penurunan berat badan.

Berat badan yang sesuai dengan keinginan membuat begitu banyak orang tertarik untuk mencoba diet penurunan berat badan. Seiring dengan hal ini, semakin banyak pula jenis diet baru yang bermunculan. Namun kita harus memahami apakah diet tersebut benar-benar memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Penerapan diet yang tidak yang tidak tepat dapat membuat kita hanya menghabiskan waktu, uang dan berisiko terhadap kesehatan tubuh. Menurut British Dietitian Association beberapa jenis diet harus diwaspadai adalah:

  1. Mampu menurunkan berat badan lebih dari satu kilogram dalam satu minggu
  2. Penurunan berat badan yang ekstrem tidak dianjurkan dalam diet. Hal ini dapat berisiko untuk kesehatan tubuh dan juga besar kemungkinan berat badan kembali naik.

  3. Rekomendasikan diet yang bisa diterapkan untuk semua orang
  4. Kebutuhan asupan makanan, baik jumlah atau porsi untuk setiap orang berbeda tergantung dari jenis kelamin, usia, aktivitas fiisk dan kondisi kesehatan lainnya. Jika suatu diet menentukan porsi makan yang sama untuk semua orang, maka hal ini bisa menyebabkan asupan gizi yang kurang atau berlebihan pada masing-masing orang karena tidak memerhitungkan kondisi individu.

  5. Diet dilakukan berdasarkan kondisi genetik yang tidak bisa diubah
  6. Beberapa jenis diet yang dilakukan berdasarkan kondisi genetik, misalnya golongan darah, tidak terbukti memiliki efek, utamanya untuk menurunkan berat badan. Pemilihan beberapa jenis makanan tidak perlu dilakukan hanya berdasarkan kondisi yang sudah merupakan bawaan genetik.

  7. Menyebutkan bahwa kita tubuh kita bisa bertahan tanpa makanan atau zat gizi tertentu
  8. Tubuh kita selalu membutuhkan hampir semua jenis zat gizi setiap hari, bahkan dalam kondisi obesitas sekalipun. Penerapan diet yang membatasi atau bahkan tidak mengonsumsi suatu jenis zat gizi akan menyebabkan tubuh tidak tercukupi zat gizinya.

Beberapa jenis diet penurunan berat badan dalam penerapannya harus diawasi oleh tenaga kesehatan yang ahli. Hal ini disebabkan meskipun kita menginginkan penurunan berat badan, kebutuhan gizi tubuh harus tetap dapat dipenuhi.

Maka dari itu, jangan asal menerapkan diet ya, agar dietmu bukan hanya fiksi belaka.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik