Ini Tanda Bahwa Diet yang Kita Lakukan Tidak Sehat

DokterSehat.Com – Demi mendapatkan penampilan tubuh yang jauh lebih baik, cukup banyak orang yang harus melakukan diet. Dengan melakukannya, kita memang bisa menurunkan berat badan. Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan diet yang tidak sehat sehingga membuat kesehatan tubuh mereka menurun. Sebenarnya, apa sajakah tanda yang menunjukkan jika kita sedang menjalani diet yang tidak sehat?

doktersehat-timbangan-berat-badan-diet-sindrom-metabolik

Berat badan turun drastis
Meskipun tujuan utama dari melakukan program diet adalah menurunkan berat badan, penurunan berat badan yang sangat drastis justru harus kita waspadai. Banyak kasus yang menunjukkan bahwa penurunan berat badan lebih dari 5 kg hanya dalam satu bulan saja dan disertai dengan tubuh yang terasa tidak fit adalah tanda dari masalah kesehatan. Idealnya, kita melakukan program diet yang dilakukan secara berkelanjutan dan bertahap sehingga setiap bulannya penurunan berat badan hanya sekitar 2-3 kg saja.

Tubuh tak lagi bugar
Diet seharusnya membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Namun, jika yang terjadi pada tubuh kita adalah sebaliknya dimana tubuh justru terasa kelelahan, tak bertenaga, pucat, membuat kulit kita semakin kusam, atau bahkan memicu ketidakteraturan fase menstruasi, maka bisa dipastikan diet yang kita lakukan sangat tidak sehat dan harus segera dihentikan.

Mudah tersinggung
Tak hanya membuat tubuh semakin sehat dan bugar, diet juga seharusnya membuat suasana hati kita stabil. Sayangnya, karena kita melakukan diet yang buruk, tubuh menjadi kelaparan sehingga kadar gula dalam darah juga menurun drastis. Tubuh pun akan lebih mudah mengalami stress dan membuat kita mudah marah, mudah tersinggung, dan lebih moody.

Memiliki obsesi kurus yang tak masuk akal
Meskipun tujuannya memang menurunkan berat badan, ada baiknya kita tidak terjebak dalam angka-angka atau ukuran yang justru membuat kita terobsesi untuk kurus sehingga melupakan tahapan diet yang sehat dan bertahap. Jika kita memiliki obsesi berlebihan, bisa jadi kita menghindari asupan makanan yang justru sangat penting bagi kesehatan tubuh kita.

Baca Juga:  Ingin Segera Mengatasi Tumpukan Lemak Setelah Lebaran? Lakukan Hal Ini