Ini Sebab Lidah Jadi Gatal Setelah Makan Nanas

DokterSehat.Com – Makan nanas memang menyegarkan, apalagi buah ini juga kaya vitamin C. Namun yang jadi kendala adalah biasanya usai mengonsumsi nanas maka lidah dan kulit wilayah mulut akan terasa gatal dan perih. Padahal seluruh kulitnya tentu sudah dikupas dengan sempurna.

18

Menurut seorang ahli, sensasi iritasi tersebut disebabkan oleh kombinasi enzim dalam nanas yang disebut bromelian, yaitu zat yang memecah protein dan menyerang dasarnya lidah, pipi, dan bibir yang berkontak dengan nanas.

Tapi anehnya, setelah Anda menelan buah ini, baik air liur dan asam di lambung Anda mengalahkan zat tersebut. Kabar baiknya, lidah Anda akan membangun kembali protein dan asam amino yang hilang, sehingga rasa sakit tidak akan terasa dalam waktu yang lama.

Seperti dilansir dari boldsky, Rabu (1/9/2015), ada banyak orang yang mengisap sepotong lemon baik untuk menurunkan berat badan, masalah perut atau nauseousness. Dalam proses lidah dan lapisan mulut terasa dipotong dan mulai mengelupas juga.

Jika Anda cenderung untuk menyerah dengan kelezatan buah nanas, maka Anda perlu memikirkan kembali hal itu. Bromelian baik untuk tubuh karena membantu dalam mengobati peradangan, pembengkakan, gangguan pencernaan, dan bahkan pembekuan darah yang berlebihan.