Ini Resiko Kesehatan yang Didapatkan Andai Masih Tidur Dengan Lampu Menyala

DokterSehat.Com – Meskipun sudah kerap dilarang oleh berbagai pakar kesehatan, dalam realitanya masih banyak orang yang tidur dengan kondisi lampu menyala terang. Padahal, dengan lampu yang terus menyala, maka tubuh pun tidak akan memproduksi melatonin, hormon yang mengendalikan rasa ngantuk tidur, dan juga terbangun, dengan baik. Alhasil, kita pun beresiko mengalami gangguan tidur dan masalah kesehatan lainnya. Sebenarnya, apa sajakah masalah kesehatan yang beresiko terjadi andai kita tetap tidur dengan kondisi lampu yang menyala?

doktersehat-pasangan-tidur-couple-seks

Obesitas
Pakar kesehatan N.A Rybnikova dari Haifa University, Israel, berkata jika cahaya buatan layaknya lampu di malam hari ternyata mampu meningkatkan resiko obesitas seseorang. Adanya paparan cahaya ini bisa membuat kita makan pada waktu yang salah, yakni pada saat sistem metabolisme tubuh sedang melambat. Alhasil, karena makanan tidak dicerna dengan sempurna, maka kita pun akan mudah mengalami kenaikan berat badan. Terhambatnya produksi melatonin juga membuat kita mudah merasa lapar sehingga akan lebih banyak mengkonsumsi makanan dan tentu berimbas pada kenaikan berat badan.

Depresi
Paparan cahaya lampu atau bahkan paparan layar televisi saat kita tidur bisa membuat kita mengalami gangguan psikologi layaknya depresi. Peneliti dari Ohio State University berkata jika paparan cahaya terang ini mempengaruhi bagian hipokampus otak yang mengendalikan emosi sehingga kita pun semakin mudah mengalami depresi.

Gangguan reproduksi
Andai wanita kerap tertidur dengan lampu yang menyala, maka siklus reproduksinya bisa mengalami masalah. Karena alasan inilah banyak wanita pekerja shift malam yang mengalami kekacauan siklus menstruasi dan pada akhirnya berimbas pada gangguan reproduksi.

Kanker
Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Genetics and Cytogenetics yang terbit pada tahun 2010 menyebutkan jika tidur dengan paparan cahaya terang akan memicu reaksi berlebihan pada sel-sel pembentukan kanker. Adanya fakta ini membuat mereka yang tidur dengan menyalakan lampu akan beresiko mengalami kanker payudara hingga kanker prostat.