Ini Resiko Dari Menggunakan Earphone Untuk Mendengarkan Musik Hingga Tertidur

DokterSehat.Com – Banyak orang yang ingin menghilangkan stress dan penat dengan cara mendengarkan musik. Agar tidak mengganggu orang lain dan bisa mendengarkan musik sepuasnya, banyak yang memilih untuk menggunakan earphone sambil bersantai di atas kasur hingga tertidur. Meskipun terlihat biasa saja, pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika kebiasaan ini ternyata bisa berimbas buruk bagi kesehatan, khususnya jika dilakukan dengan cukup lama dan dengan volume yang tinggi. Apa sajakah dampak kesehatan yang bisa kita dapatkan andai kerap menggunakan earphone untuk mendengarkan musik hingga tertidur?

doktersehat-tidur-wanita-ruangan-dingin-jantung

Dr. Harim Priyono, SpTHT-KL(K), yang berasal dari Departemen Telinga, Hidung, dan Tenggorokan, Bedah Kepala dan Leher, RS Tjipto Mangunkusumo – Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, menyebutkan jika kebiasaan mendengarkan musik dengan earphone hingga tertidur sangatlah berbahaya. Menurut beliau, telinga kita seharusnya tidak lagi mengolah suara saat sudah dalam kondisi tertidur. Andai kita melakukannya, gelombang suara dari earphone yang memasuki telinga ini tak lagi dianggap sebagai sinyal bunyi oleh otak kita. Jika hal ini terjadi, koklea atau rumah siput yang berfungsi sebagai pengirim sinyal menuju saraf dan otak pun akan terus aktif saat seharusnya dalam kondisi beristirahat.

Dr. Harim menyebutkan jika saat tertidur, kita memang cenderung tidak akan mendengarkan berbagai suara musik. Namun, koklea di dalam telinga akan terus bekerja sehingga beresiko mengalami kelelahan. Andai hal ini kerap terjadi, maka koklea pun dikhawatirkan mengalami kerusakan sehingga bisa memicu berbagai gangguan pendengaran, salah satunya adalah noice induced hearing loss (NIDCD). Gangguan pendengaran ini bisa membuat kita tak lagi mampu mendengarkan suara dengan normal mengingat saraf yang mengolah suara juga ikut mengalami kerusakan. Dalam beberapa kasus, beberapa orang bahkan bisa mengalami tuli permanen.

Baca Juga:  Satu Jam, Waktu Paling Lama Untuk Menggunakan Earphone

Dengan adanya resiko mengerikan ini, ada baiknya memang kita tak lagi mendengarkan musik menggunakan earphone hingga tertidur.