Ini Reaksi yang Terjadi Pada Otak Jika Kita Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

DokterSehat.Com – Ada sebuah pepatah yang menyebutkan jika seseorang yang sedang dalam pengaruh alkohol cenderung lebih jujur dalam mengungkapkan isi hatinya jika dibandingkan dengan saat mereka tersadar. Menurut pakar kesehatan, reaksi setiap orang saat mengkonsumsi alkohol memang berbeda-beda. Ada yang mengaku mendapatkan inspirasi atau ide baru, namun, lebih banyak orang yang akhirnya kehilangan fokus dan justru meracau dan berjalan sempoyongan. Sebenarnya, seperti apakah reaksi yang terjadi pada otak andai kita mengkonsumsi minuman beralkohol?

doktersehat-penyakit-hati-alkoholik-jantung

Pakar kesehatan menyebutkan jika minuman beralkohol memang bisa memicu stimulasi pada bagian otak tertentu, yakni bagian korteks serebral. Sebagai informasi, bagian otak ini berfungsi sebagai pengendali pikiran, bahasa, sekaligus interaksi antar manusia. Andai kita mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, maka bagian otak ini akan cenderung bereaksi dan menjadi lebih kreatif. Hanya saja, kekreatifan setiap orang inilah yang berbeda-beda. Ada yang mengaku mendapatkan inspirasi dan ide-ide baru yang bermanfaat, namun, ada pula yang akhirnya justru melakukan hal-hal gila dan di luar nalar.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Saat kita mengkonsumsi minuman beralkohol, kita akan cenderung menurunkan rasa khawatir pada keadaan lingkungan sekitar sehingga otak pun bisa lebih fokus untuk membentuk ide atau menciptakan inspirasi. Sayangnya, meskipun terlihat bisa memberikan dampak positif karena membuat otak mampu berinovasi, dalam realitanya konsumsi alkohol secara berlebihan bisa membuat kita kurang fokus pada satu hal dan justru bisa membuat kita tidak waspada dengan kondisi sekitar. Karena alasan inilah cukup banyak orang yang mabuk namun mengalami kecelakaan baik itu saat berjalan atau berkendara. Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol juga bisa membuat penurunan daya ingat dengan signifikan.