Ini Penyebab Paling Sering Mengapa Kita Bisa Terbangun di Tengah Malam

DokterSehat.Com– Saat sedang tidur nyenyak-nyenyaknya, tiba-tiba saja di tengah malam kita terbangun dan tidak bisa segera tidur lagi. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang bisa membuat kita terbangun di tengah malam seperti sebagai berikut.

doktersehat-tidur-lampu-menyala

Ingin buang air kecil
Penyebab paling sering mengapa kita bisa terbangun dari tidur di tengah malam adalah ingin buang air kecil. Biasanya, hal ini disebabkan oleh konsumsi air putih yang berlebihan atau minum kopi dekat dengan waktu tidur. Agar tidak mudah terkena hal ini, ada baiknya kita menjaga asupan minuman agar tidak berlebihan dan tidak mengkonsumsi minuman berkafein seperti teh atau kopi sebelum tidur.

Merasa kedinginan
National Sleep Foundation menyebutkan bahwa tidur dengan AC atau kipas masih menyala cenderung membuat kita lebih mudah terbangun di tengah malam. Suhu yang terlalu dingin ternyata bisa membuat tidur kurang nyenyak dan membuat kita kurang bugar saat bangun tidur. Jika anda terbiasa untuk memakai AC untuk tidur, gunakan selimut untuk mencegah kedinginan.

Mengecek ponsel
Ponsel yang ditempatkan dekat dengan tubuh saat tidur bisa mengganggu kualitas tidur dengan signifikan sehingga membuat kita terbangun di tengah malam, apalagi jika ada banyak notifikasi dari media sosial atau aplikasi chatting. Jika kita kerap mengecek notifikasi tersebut, kualitas tidur kita akan jauh menurun dan akhirnya membuat kita bangun dengan kondisi yang lesu dan tidak bugar. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak menempatkan ponsel dekat dengan kasur atau mematikannya saja saat tidur agar bisa tetap tidur nyenyak.

Stress
Stress atau rasa cemas berlebihan bisa mempengaruhi otak kita. Kita tidak akan berada dalam kondisi yang rileks meskipun dalam kondisi tidur sehingga bisa menyebabkan mimpi buruk yang mudah membuat kita terbangun di tengah malam. Biasanya, stress juga akan membuat kita tetap terjaga selama beberapa waktu di tengah malam dan susah untuk tidur kembali.