Ini Penyebab Mengapa Kita Suka Menggoyang-goyangkan Kaki di Atas Kasur Sebelum Tidur

DokterSehat.Com– Apakah anda termasuk dalam orang yang suka menggoyang-goyangkan kaki di atas kasur layaknya mengusap kasur berulang kali sebelum tidur? Kebanyakan orang merasa bahwa apa yang dilakukannya ini sangatlah membuat nyaman sehingga bisa membantu untuk segera terlelap. Padahal, menurut pakar kesehatan, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kondisi yang disebut sebagai restless leg syndrome (RLS).

doktersehat-kaki-kasur-tidur

Pakar kesehatan menyebut kondisi ini sebagai masalah yang berkaitan dengan gerakan pada tubuh kita. Kondisi ini akan membuat kita mengalami sensasi layaknya kesemutan, digelitiki, panas, gatal, atau sensasi tidak nyaman saat bagian tubuh seperti kaki berada dalam kondisi beristirahat atau tidak digerakkan. Alhasil, kita pun akan memilih untuk terus menggerakkan kaki kita saat kita sudah dalam kondisi beristirahat atau berada di atas kasur sebelum tidur agar membuatnya terasa lebih nyaman.

Yang menjadi masalah adalah, kondisi ini ternyata bisa menurunkan kualitas tidur kita dengan signifikan dan akhirnya mempengaruhi energi dan rasa lelah yang kita rasakan di siang hari.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa restless leg syndrome lebih sering menyerang ibu hamil dan para lansia. Meskipun begitu, banyak remaja yang kini juga terkena kondisi ini. Penyebab dari masalah kesehatan ini adalah karena adanya hormon dopamine di dalam otak yang berada dalam kondisi tidak seimbang. Hal ini akan menyebabkan gangguan pada pengendalian motorik pada otak yang menggerakkan otot-otot. Gangguan kesehatan ini juga kerap kali dikaitkan dengan masalah kesehatan layaknya gagal ginjal, gangguan saraf, diabetes, parkinson, kekurangan zat besi, atau karena faktor keturunan.

Meskipun secara umum tidak berbahaya, masalah kesehatan ini bisa menurunkan kualitas tidur dengan signifikan. Karena alasan inilah ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter jika masalah restless leg syndrome ini dirasa sudah sangat mengganggu.