Ini Penyebab Komedo Terus Kembali Muncul Meskipun Sudah Sering Dibersihkan

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan kulit pada wajah yang sangat mengganggu penampilan kita adalah komedo. Adanya komedo yang kerap kali muncul di sekitar hidung ini akan membuat wajah menjadi terkesan tidak bersih. Sayangnya, meskipun kerap dibersihkan, komedo bisa saja terus kembali muncul sehingga membuat kita frustrasi. Sebenarna, apa sih penyebab dari terus munculnya komedo ini?

doktersehat-hidung-muka-sindrom-kallmann

Kita tidak membersihkan wajah dengan maksimal
Pakar kesehatan menyebutkan jika pemicu utama dari munculnya komedo adalah kita tidak membersihkan wajah dengan benar. Bagi banyak wanita yang suka menggunakan make-up namun jarang menggunakan make-up remover terlebih dahulu sebelum dibersihkan dengan air, maka akan ada banyak kotoran dan sisa make-up yang tidak benar-benar terlepas dari kulit wajah dan pada akhirnya memicu munculnya kembali komedo.

Tidak cocok dengan produk make-up
Beberapa jenis make-up ternyata kurang cocok dengan kondisi kulit kita. Jika kita terus menggunakannya, hal ini bisa membuat pori-pori kulit tersumbat sehingga bisa menyebabkan komedo. Pastikan untuk berhati-hati dalam memilih jenis make-up, khususnya BB cream, pelembab, atau bedak padat. Selain itu, jangan gunakan bedak atau krim secara tebal karena bisa membuat komedo lebih mudah muncul.

Mengeluarkan keringat saat wajah sudah dimake-up
Suhu yang panas atau aktifitas yang padat bisa membuat kita mengeluarkan banyak keringat. Padalah, saat kita menggunakan make-up, pori-pori kulit cenderung lebih sulit bernafas sehingga andai make-up yang kita gunakan terlalu tebal, maka komedo pun bisa muncul. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya kita menggunakan make-up dengan minimalis saja.

Mengkonsumsi makanan manis
Kerap mengkonsumsi makanan manis, makanan berminyak, dan juga makanan pedas, ternyata bisa membuat kulit wajah mudah terkena jerawat atau komedo. Jika tidak ingin komedo muncul kembali, ada baiknya kita mulai menurunkan asupan makanan-makanan tersebut.