Ini Penyebab Kita Pusing Saat Berpuasa

DokterSehat.Com – Tak hanya rasa lapar dan haus, kita sebenarnya juga harus menahan berbagai hawa nafsu dan emosi dengan baik saat melakukan ibadah puasa. Sayangnya, hal ini tidak mudah untuk dilakukan karena terkadang tubuh mengalami gangguan kesehatan. Salah satu gangguan kesehatan yang kerap muncul saat berpuasa adalah kepala pusing. Jika hal ini terjadi, maka aktifitas kita pun bisa terganggu. Sebenarnya apa yang menyebabkan kepala kita pusing saat menjalani ibadah puasa?

doktersehat-vertigo-pusing-penyakit-kepala-berputar-hipoglikemia-jet-lag

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa pusing saat berpuasa ternyata berkaitan dengan kadar gula di dalam darah. Jika kadar gula darah berada dalam kondisi yang rendah atau disebut sebagai hipoglikemia, maka kita pun akan mudah merasa pusing. Tak hanya itu, kondisi kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi juga bisa ikut menyebabkan datangnya pusing pada kepala. Mengingat saat berpuasa kita tidak mengkonsumsi makanan atau minuman apapun dalam waktu yang lama, maka tentu kondisi kesehatan yang menyebabkan pusing ini bisa muncul.

Tidak semua orang ternyata bisa mengalami pusing-pusing saat berpuasa. Biasanya, mereka yang memiliki kondisi tubuh yang tidak fit yang akan mengalami masalah pada pengendalian kadar gula dalam darah atau cairan tubuh. Sebagai contoh, ada orang yang melewatkan waktu sahur karena bangun kesiangan dan tidak sempat mengkonsumsi makanan atau minuman apapun sebelum berpuasa. Tanpa adanya asupan makanan atau cairan apapun, mereka pun akan lebih mudah mengalami gangguan pada kadar gula darah dan cairan tubuh.Tak hanya pusing, kondisi ini juga akan membuat mereka lemas seharian.

Untuk menghindari datangnya pusing saat berpuasa, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tetap memenuhi asupan nutrisi dari makanan saat berbuka dan sahur. Tak hanya itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak mudah mengalami dehidrasi. Selain itu, kita juga sebaiknya lebih baik dalam mengatur waktu tidur dengan lebih baik mengingat saat dini hari kita harus terbangun untuk sahur. Untuk membuat badan lebih fit, pastikan pula untuk berolahraga di sore hari menjelang waktu berbuka.