Ini Penyebab Kita Mudah Gemuk Meskipun Makan Sedikit

DokterSehat.Com – Seringkali kita melihat adanya teman yang membuat kita iri karena mereka bisa mengkonsumsi banyak makanan namun tubuh mereka tetap ideal. Sementara itu, kita justru sudah mencoba untuk mengurangi konsumsi makanan namun yang terjadi tetap saja kita mengalami penambahan berat badan. Sebenarnya, adakah alasan dari mudahnya tubuh kita untuk menjadi lebih gemuk meskipun hanya sedikit mengkonsumsi makanan? Pakar kesehatan menyebutkan jika ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi seperti sebagai berikut.

doktersehat-lemak-gemuk-lipedema-melahirkan

Memilih makanan yang kurang tepat
Pakar kesehatan menyebutkan jika salah memilih makanan adalah alasan utama mengapa kita mudah gemuk meskipun kita hanya makan sedikit. Sebagai contoh, kita hanya mengkonsumsi sepotong kue yang sebenarnya kaya akan kandungan gula dan kalori. Hal ini tentu akan mudah membuat tubuh kita menjadi lebih gemuk. Alih-alih memperhatikan banyaknya makanan yang kita makan, perhatikan seberapa banyak kandungan kalori dan gula yang kita konsumsi jika ingin menjaga berat badan tetap ideal.

Mengalami stres
Stres ternyata ikut berpengaruh pada naiknya berat badan meskipun sebenarnya kita hanya mengkonsumsi sedikit makanan. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormon kortisol saat kita sedang stres. Hormon ini bisa memicu penumpukan lemak pada perut dengan cepat meskipun kita sebenarnya hanya makan sedikit.

Kurang tidur
Banyak orang yang menyepelekan pentingnya waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Padahal, jika kita kurang tidur, kita akan lebih mudah menaikkan berat badan. Hal ini terjadi karena kurang tidur bisa memicu menurunnya fungsi hormon leptin dan ghrelin, hormon pengendali nafsu makan di dalam tubuh. Alhasil, kita akan lebih mudah lapar dan sistem metabolisme tubuh menurun yang tentu akan membuat berat badan menjadi lebih mudah naik.

Baca Juga:  Makanan dan Minuman Berikut Bisa Memicu Masalah Disfungsi Ereksi

Terkena hipotiroidisme
Sudah makan dengan sedikit namun tetap saja berat badan naik? Ada kemungkinan kita mengalami penyakit hipotiroidisme, kondisi dimana kelenjar tiroid kurang aktif sehingga tidak memproduksi hormon dengan cukup. Hal ini ternyata bisa memicu peningkatan berat badan dengan mudah.