Ini Penyebab Kita Bisa Terbangun Karena Merasa Terjatuh Saat Tidur

DokterSehat.Com – Kadangkala, saat kita sedang dalam kondisi tidur yang nyenyak, tiba-tiba saja kita bermimpi terpeleset atau terjatuh hingga pada akhirnya kita terbangun. Kebanyakan dari kita bahkan terbangun dengan jantung yang berdegup kencang atau nafas yang terengah-engah layaknya orang yang baru saja terjatuh pada umumnya. Memang, kita bisa saja tidur dengan nyaman kembali dan menganggapnya sebagai sebuah mimpi saja. Namun, pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika ada penyebab dari munculnya sensasi terpeleset saat kita tertidur hingga menyebabkan kita terbangun ini. Seperti apakah penjelasannya?

doktersehat-tidur-lampu-menyala

Pakar kesehatan menyebut kondisi dimana kita terbangun karena merasa terpeleset atau terjatuh dalam mimpi sebagai hypnic jerk. Memang, ada kesan kita sedang bermimpi hingga terjatuh sebagai penyebabnya. Namun, sebenarnya hal ini terjadi karena munculnya kedutan pada otot. Pakar kesehatan menyebutkan jika hypnic jerk termasuk dalam gangguan tidur yang kerap kali dipicu oleh rasa lelah yang luar biasa.

Saat tubuh merasa lelah karena telah melakukan begitu banyak aktifitas, maka otak pun akan segera memberikan sinyal untuk segera tidur. Sayangnya, pemberian sinyal ini cenderung terlalu cepat sehingga banyak organ tubuh yang akhirnya kebingungan dan tidak mempersiapkan tubuh untuk tidur dengan nyaman. Karena alasan inilah, tubuh menganggap ada sesuatu yang salah pada tubuh dan pada akhirnya membangunkan kita dengan cara ini. Selain karena kelelahan, hypnic jerk juga kerap terjadi karena kondisi stress berlebihan, kecemasan berlebihan, hingga konsumsi alkohol dan kafein. Selain itu, beberapa orang yang rajin berolahraga di malam hari juga mengaku mengalami hal ini.

Apakah ada cara untuk mencegah munculnya hypnic jerk ini karena tentu bisa mengganggu kualitas tidur kita? Pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya kita menjaga asupan pola makan sehat dan memenuhi asupan magnesium. Magnesium diyakini akan sangat baik dalam membuat tubuh lebih rileks sehingga kita bisa tidur tanpa adanya gangguan. Selain itu, rajin-rajinlah melakukan yoga dan meditasi yang bisa membuat tubuh kita lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur.